Central Market PIK Raih EDGE Advanced Green Building Certificate 

Tuesday, 18 April 23 Harry
Central Market PIK

Berlokasi di jantung kawasan Golf Island PIK, Central Market PIK merupakan eco-lifestyle hub berkonsep ramah lingkungan yang menerapkan teknologi hijau. Mengusung tema “Everything for everyone at a central location”, destinasi one-stop shopping ini menawarkan pengalaman baru dalam berbelanja melalui berbagai fasilitasnya, seperti supermarket, edible garden, F&B, ritel, toko buku, area bermain anak, rooftop pet playground, kafe, hingga hangout spot.

Setelah memenangkan penghargaan bergengsi sebagai Best Retail Architectural Design dari PropertyGuru Asia Property Awards di tahun 2021, kini Central Market PIK berhasil mendapatkan Green Building Certificate dari International Finance Corporation-World Bank Group dan Green Building Council Indonesia (GBCI). Dengan demikian, Central Market PIK menjadi bangunan retail pertama di Indonesia yang bersertifikat EDGE Advanced Preliminary Certificate.

BACA JUGA:   Majalah VENUE Menerima Penghargaan Dari Pemprov Jambi

Central Market PIK menerapkan konsep berkelanjutan (sustainable living) dengan desain tenaga panel surya dan sistem ventilasi silang alami. Desain biofilik juga diterapkan untuk menciptakan perpaduan yang harmonis antara arsitektur bangunan, alam, pencahayaan natural, sirkulasi udara yang baik, dan kenyamanan pengunjung. Penerapan teknologi hijau juga semakin dipertegas dengan tampilnya elemen ruang terbuka, kebun vertikal, dan kanopi hijau untuk memberikan suasana sejuk.

Selain itu, PTI Architects sebagai arsitek utama menggunakan sustainable materials. Penggabungan aspek sustainable, seperti daur ulang, penampungan air hujan, dan langkah langkah penghematan energi juga diterapkan sehingga eco-lifestyle hub ini dapat menghemat sekitar 51 persen penggunaan energi, 44 persen embodied energy pada material bangunan, dan 23 persen penggunaan air.

BACA JUGA:   Dukung PPKM Darurat, Kemenparekraf Siapkan Tiga Langkah Mitigasi

Anwar Salim, Director of Operating Units Amantara, Agung Sedayu Group, mengatakan, “Sesuai dengan konsepnya yang ramah lingkungan, Central Market PIK turut mengedukasi pengunjung akan sustainability melalui aplikasi Environmentally Sustainable Design (ESD) termasuk vertical & edible garden. Kami berharap seluruh pengunjung yang datang mendapatkan pengalaman menarik yang tak terlupakan dan mendapat tempat khusus di hati customer sehingga ketika berkunjung ke PIK, mereka teringat akan Central Market PIK.” 

Melengkapi elemen ruang terbuka, Central Market PIK turut menghadirkan pet park dan kids playground. Amphitheater juga tersedia bagi para pengunjung untuk bersantai menikmati berbagai pilihan kuliner dari berbagai tenant F&B dan berfoto dengan berbagai dekorasi tematik yang  menarik.

Sawitri Setiawan, Director of Leasing and Commercial Amantara, Agung Sedayu Group, mengatakan, “Para pengunjung dan residen juga dapat melakukan berbagai aktivitas yang meliputi kebutuhan sehari-hari sampai menyalurkan hobi mereka di sini. Berbagai variasi tenant turut dihadirkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, seperti Grand Lucky, Bakerman, Gontran  Cherrier, Sushi Tei, Hyde Park, Mandif Butcher, Salad Stop, Paradise Dynasty, Six Ounces  Coffee, Super YumCha, Ban Ban, Susuru, Demie Bakmie, Hello Seoul, Baby Dutch Pancake,  Kool Kreme, Sour Sally, dan Kinokuniya Bookstore yang baru saja resmi dibuka pada 15 April  2023.”