Dua Langkah Bayar Transaksi Pakai Samsung Pay

Friday, 11 October 19 Herry Drajat
Samsung Pay

Melalui Samsung Pay, Samsung electronics Indonesia pada 10 Oktober 2019 mengumumkan kolaborasi dengan dua pemain dompet digital Indonesia, yaitu DANA dan GoPay. Kolaborasi tersebut secara resmi dimulai dengan penandatanganan MOU antara Samsung Electronics Indonesia yang diwakili oleh Bernard Ang, IT & Mobile Business Vice President Samsung Electronic Indonesia, dengan DANA yang diwakili oleh Vincent Iswara, Chief Executive Officer DANA, dan Budi Gandasoebrata, Managing Director GoPay.

Samsung Pay adalah sebuah aplikasi dalam ponsel Samsung yang berguna untuk menyediakan akses cepat ke berbagai uang elektronik. Aplikasi ini terdapat pada semua ponsel Samsung Galaxy yang diproduksi tahun 2019 ataupun produk Samsung lain yang memiliki sistem operasi Android Pie, dengan cara mengunduh di Google Playstore maupun Galaxy Store.

Samsung Pay mengedepankan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan pembayaran melalui dompet digital pilihan yang memungkinkan pengguna dapat melakukan live transaction sehingga pembayaran menjadi lebih cepat dan mudah hanya dengan dua langkah, yaitu swipe menu kamera lalu pindai QR Code dan akan terbayar secara otomatis, bahkan bisa dilakukan saat ponsel dalam posisi terkunci. Sementara aplikasi lain menggunakan lima langkah, yaitu buka ponsel dengan PIN atau password, kemudian cari dan buka aplikasi, pilih menu pembayaran, masukan nominal, dan transaksi selesai.

Bernard Ang mengatakan, “Hari ini kami meresmikan kolaborasi Samsung Pay dengan dua pemain besar pembayaran berbasis aplikasi di Indonesia, yaitu DANA dan GoPay, agar masyarakat pengguna uang elektronik, terutama yang berbasis aplikasi, menikmati kemudahan Swipe Up & Pay saat bertransaksi.”

Berdasarkan riset Kadence Indonesia, sebuah agensi terkemuka di dunia yang bergerak di bidang pemasaran, 57 persen pengguna ponsel mempunyai uang elektronik dan 89 persen-nya menggunakan aplikasi. Sementara seiring maraknya penggunaan dompet digital, sebanyak 20 persen secara rutin menggunakan lebih dari satu uang elektronik. Hadirnya Samsung Pay adalah untuk menggabungkan beberapa pembayaran elektronik dalam satu aplikasi agar konsumen semakin mudah melakukan transaksi pembayaran uang digital.

“Kolaborasi ini terjadi berkat kepercayaan Samsung pada teknologi DANA yang aman dan scalable. Kolaborasi ini juga menjadi bukti perkembangan signifikan yang telah dilalui DANA sebagai pemain lokal termuda di industri fintech Tanah Air sehingga DANA bisa dipercaya menjadi dompet digital pertama yang tersedia di Samsung Pay,” ujar Vincent.