Gandeng Pelaku Ekonomi Kreatif, Kemenparekraf Jalankan Kampanye Jaga Indonesia

Tuesday, 28 April 20 Harry
pekerja film

Untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian bersama menghadapi COVID-19, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjalankan sejumlah kampanye bertajuk #BersamaJagaIndonesia dengan melibatkan para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif.

Wishnutama Kusubandio, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengatakan, “Kampanye-kampanye tersebut memanfaatkan saluran komunikasi yang dimiliki Kemenparekraf juga melibatkan komunitas pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Wishnutama.

Salah satu contoh kampanye yang telah dirilis adalah mengenai ajakan untuk menunda kepulangan ke kampung halaman demi mencegah penyebaran virus Corona. Lalu, ada juga kampanye #JagaRamadanKita mengenai penggunaan masker kain yang diproduksi oleh para pelaku ekonomi kreatif.

BACA JUGA:   Kemenparekraf Menginisiasi Pembentukan ASEAN MICE Federation 

Selain dipublikasikan di media sosial sendiri, Kemenparekraf juga bekerja sama dengan pihak-pihak lain, di antaranya dengan Asosiasi Televisi Nasional Indonesia (ATVNI) dan Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), untuk bersama-sama membantu langkah-langkah pemerintah dalam sosialisasi penanganan pandemi COVID-19. Dalam kerja sama ini pihak televisi akan menyiarkan berbagai informasi layanan publik dengan konten yang disiapkan oleh Kemenparekraf. Nantinya materi tersebut akan disiarkan secara berkala setiap harinya hingga wabah COVID-19 dinyatakan selesai oleh pemerintah pusat.

BACA JUGA:   INDEF: Pariwisata Indonesia Masih Kurang Investasi Asing

“Menayangkan sesuatu yang serentak dengan pesan yang sama sehingga masyarakat makin peduli untuk bersama menekan penyebaran COVID-19. Iklan layanan publik dengan frekuensi yang tinggi dinilai mampu menjadi sosialisasi pesan yang efektif,” kata Wishnutama.