Garuda Indonesia Terbang Nonstop ke London

Tuesday, 31 October 17 0 Comments   Harry Purnama
Garuda jakarta-london
Peningkatan konektivitas udara merupakan satu dari tiga strategi utama Kementerian Pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisman dari London.

Garuda Indonesia secara resmi akan terbang nonstop ke London dari Jakarta pulang-pergi. Hal tersebut ditandai dengan penerbangan perdana GA 086 Jakarta-London pada 31 Oktober 2017 yang disaksikan oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik dan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata RI I Gde Pitana di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Pahala Nugraha Mansury, Direktur Utama Garuda Indonesia, mengatakan, layanan penerbangan nonstop tersebut merupakan bagian dari upaya Garuda Indonesia untuk menghadirkan konektivitas tanpa batas kepada para pengguna jasa penerbangan ke Inggris Raya dengan durasi penerbangan di bawah 15 jam.

“Dengan dioperasikannya layanan ini, Garuda Indonesia akan menjadi satu-satunya maskapai yang memiliki layanan penerbangan nonstop tercepat, nyaman dan efisien dari Indonesia ke UK dan Eropa. Operasional penerbangan nonstop ini juga merupakan upaya kami untuk mengoptimalisasikan jaringan penerbangan sesuai program restrukturisasi rute yang tengah dilaksanakan perusahaan,” ujarnya.

Menurut Pahala, penerbangan nonstop Jakarta-London pp telah menjadi prioritas utama perusahaan sejak dibuka kembalinya rute penerbangan tersebut, terlebih lagi sejak beroperasinya Terminal 3 baru di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang kini telah menjadi hub utama Garuda Indonesia untuk perjalanan internasional dan domestik.

“Kami ingin memperkenalkan layanan non-stop ini tidak hanya untuk mencerminkan profil Jakarta yang berkembang sebagai hub untuk perjalanan internasional dan domestik, tetapi juga sebagai layanan baru yang memungkinkan para pengguna jasa dari UK maupun anggota frequent flyers yang tergabung di aliansi SkyTeam untuk mendapatkan konektivitas yang lebih baik ke lebih banyak destinasi,” ujar Pahala.

Pahala juga menambahkan, layanan penerbangan nonstop Jakarta – London tersebut juga merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk memaksimalkan potensi traffic traveling wisatawan Indonesia menuju London di mana sebesar 58 persen kunjungan market Indonesia ke London adalah untuk melakukan kegiatan leisure.

Selain itu, operasional penerbangan nonstop Jakarta-London pp juga akan semakin memudahkan akses bagi penumpang dari wilayah UK menuju kawasan Asia Pasifik, terutama di destinasi-destinasi yang menjadi bagian dari Australia, seperti Melbourne, Sydney, dan Perth. Hal ini mengingat rute penerbangan Jakarta-London pp terhubung dengan jadwal penerbangan Garuda Indonesia menuju Australia.

“Ke depannya kami proyeksikan rute penerbangan Jakarta-London tersebut akan semakin berkembang dengan adanya potensi market dari sektor penerbangan Australia ke Inggris maupun sebaliknya yang dapat dimaksimalkan melalui rute penerbangan nonstop tersebut,” ujar Pahala.

Pada kesempatan tersebut, Duta Besar Inggris Untuk Indonesia Moazzam Malik mengatakan, “Dibukanya layanan penerbangan nonstop kami yakin akan membawa impact yang signifikan untuk tren traveling antar-kedua negara. Kami tentunya akan terus mendorong masyarakat Inggris untuk datang dan mengunjungi Indonesia. Dengan potensi dan kekayaan budaya dan akses konektivitas yang lebih cepat dan nyaman akan sangat terbuka kemungkinan berbagai kerja sama antar-kedua negara yang dapat terjalin,” ujar Malik.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata RI I Gde Pitana, mengungkapkan, “Dengan adanya penerbangan langsung Garuda Indonesia dari London-Jakarta, menjadi langkah signifikan mendukung upaya pemerintah dalam memaksimalkan kunjungan wisatawan Inggris ke Indonesia,” ujar Pitana.

Pada tahun 2016 tercatat 328.000 kunjungan wisatawan Inggris ke Indonesia, naik 17 persen dibandingkan tahun 2015. Sedangkan pada 2017, Kementerian Pariwisata RI menargetkan kunjungan wisatawan Inggris ke Indonesia dapat menyentuh angka 384.000 wisatawan.

Garuda Indonesia akan melayani penerbangan nonstop dari dan menuju London Heathrow sebanyak tiga kali per minggu setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan menggunakan pesawat Boeing 777-300 ER berkapasitas sebanyak 314 penumpang, terdiri dari 8 kursi First Class, 38 kursi Business Class, dan 268 kursi Economy Class.

Penerbangan nonstop Jakarta-London berangkat dari Jakarta Pukul 12.05 waktu setempat melalui penerbangan GA 086 dan tiba di London Pukul 03.00 waktu setempat. Sementara itu penerbangan London-Jakarta berangkat dari Bandara Heathrow London pukul  04.55 waktu setempat dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta pukul 18.55 waktu setempat.