Thailand Keluarkan Larangan Merokok di 20 Pantai

Monday, 30 October 17   15 Views   0 Comments   Harry Purnama
Pantai Patong
Pantai Patong di Phuket. Foto: Dok. Tourism Authority of Thailand

Thailand mengeluarkan larangan merokok di 20 pantai populer yang ada di Thailand. Peraturan tersebut dikeluarkan untuk mendukung pariwisata yang berkelanjutan, dan mulai berlaku pada November 2017. Adapun ke-20 pantai itu adalah Patong di Phuket; Bo Phut di Ko Samui, Surat Thani; Phra Ae dan Khlong Dao di Ko Lanta, Krabi; Bang Saen, Pattaya dan Tam Pang di Ko Si Chang, Chon Buri; Hua Hin dan Khao Takiap di Prachuap Khiri Khan; Cha-am di Phetchaburi; Ko Khai Nok dan Ko Khai Nai di Ko Yao, Phang-nga; Chalatas di Songkhla; Tha Wa Sukri di Pattani; Mae Phim di Rayong; Laem Sing di Chanthaburi; dan Sai Ri di Chumphon.

Yuthasak Supasorn, Presiden Tourism Authority of Thailand, mengatakan, “Pantai-pantai ini merupakan salah satu yang terindah di Asia Tenggara, dan tujuan diberlakukannya peraturan tersebut adalah untuk menjaga pantai tersebut tetap indah.”

Banyak wisatawan yang berkunjung ke beberapa pantai ketika berlibur ke Bangkok atau Thailand. Dan pantai-pantai tersebut menawarkan kesempatan untuk menikmati pengalaman lokal Thailand yang unik.

“Orang-orang yang merokok tidak perlu khawatir karena mereka akan diberi tempat khusus. Peraturan ini bertujuan menciptakan lingkungan yang bersih dan aman bagi semua orang, serta untuk menciptakan kesan positif Thailand sebagai tujuan wisata dunia,” ujar Yuthasak.

Bagi para perokok, tersedia area khusus untuk merokok yang terpisah dari area pantai. Tempat tersebut akan dilengkapi dengan asbak dan tempat sampah untuk menampung abu dan puntung rokok. Puntung rokok yang dibuang sembarangan merupakan alasan utama larangan merokok ini dikeluarkan.

Berdasarkan data dari Kementerian Sumber Daya Bahari dan Pesisir Thailand, pihaknya mengumpulkan sekitar 138.000 puntung rokok hanya dari satu pantai, yakni Pantai Patong di Phuket yang memiliki panjang 2,5 kilometer. Puntung rokok ini merupakan jenis sampah yang terbesar dibanding jenis sampah lainnya.

Mulai dari November 2017, siapa pun yang melanggar peraturan tersebut akan dikenakan denda 100.000 baht (sekitar Rp40.900) atau dipenjara selama satu tahun.

Tourism Authority of Thailand mengatakan, untuk tahap awal, peraturan ini berlaku di 20 pantai, dan ke depannya akan diperluas ke pantai-pantai lainnya di Thailand apabila memang peraturan ini memberikan dampak positif. Selain itu, TAT juga sedang mempertimbangkan untuk mengeluarkan peraturan yang sama bagi wisatawan di atas kapal wisata.

Thailand telah menjadi anggota World Health Organization Framework Convention on Tobacco Control pada 27 Februari 2005. Sejak saat itu, Thailand terus mendukung larangan merokok di area publik.