Hong Kong Tourism Board Tingkatkan Promosi untuk Menarik Wisatawan Muslim

Monday, 11 February 19   2 Views   0 Comments   Harry Purnama
Hong Kong Tourism Board

Selama tahun 2018, Hong Kong Tourism Board telah aktif mempromosikan wisata Muslim dan memperkenalkan penawaran-penawaran baru yang akan menarik pasar wisata halal. Sebagai titik mulai di tahun baru, HKTB telah meningkatkan strateginya, tidak hanya mempromosikan pariwisata ke komunitas muslim sebagai target pasar, tapi juga mengambil langkah nyata dengan mengedukasi para pemangku kepentingan tentang karakteristik wisatawan muslim sehingga seluruh pihak sama‐sama meningkatkan pelayanannya untuk wisatawan muslim.

Untuk memulai inisiatif ini, HKTB mengadakan Seminar Wisata Muslim bagi rekan bisnis dan wisata Hong Kong untuk memahami kebutuhan wisatawan muslim pada umumnya. Sekitar 120 partisipan yang terdiri atas pemangku kepentingan Hong Kong dari berbagai industri dan asosiasi seperti pakaian, pangan, pusat perbelanjaan, dan atraksi berkumpul untuk mengetahui lebih lanjut mengenai industri muslim dan menyusun strategi pendekatannya.

Seminar ini menghadirkan Raymond Chan, Regional Director Asia Tenggara Hong Kong Tourism Board; Fazal Bahardeen, Pendiri dan CEO CrescentRating dan Halal Trip; serta Mufti Muhammad Arshad, Chief Imam Hong Kong sebagai para pembicara. Seminar tersebut menggali informasi lebih dalam mengenai sertifikasi halal, karakteristik wisatawan muslim dan potensi pasar wisata halal di Hong Kong.

“Kami sangat senang bisa berbagi informasi dengan rekan dagang dan pemangku kepentingan kami mengenai komunitas muslim. Dengan pemahaman yang lebih lanjut untuk kebutuhan wisatawan muslim, persiapan kami bisa lebih matang untuk melayani mereka. Hong Kong berharap dapat meningkatkan pengetahuan wisatawan akan adanya kuliner Halal, fasilitas beribadah, dan berbagai fasilitas ramah muslim lainnya,” ujar Raymond Chan.

Fazal Bahardeen mengatakan, “Sungguh menggembirakan kini Hong Kong Tourism Board berinisiatif untuk mengedukasi seluruh pemangku kepentingan mengenai kesempatan yang ditawarkan oleh pasar wisata muslim. Mereka mengambil langkah tepat untuk menjadi destinasi wisata ramah Muslim.”

Sebagai bagian dari inisiatif Hong Kong Tourism Board dengan mengikutsertakan komunitas muslim, HKTB telah bekerja sama dengan media online wisata muslim untuk menciptakan konten menarik yang menyoroti Hong Kong sebagai destinasi yang direkomendasikan untuk wisata muslim. HKTB juga telah meluncurkan bucket list ramah muslim yang mempersembahkan atraksi‐atraksi yang patut dikunjungi, kuliner halal, dan fasilitas ramah muslim di Hong Kong agar umat muslim dapat menjadikan Hong Kong sebagai destinasi pilihannya tahun ini.