Indonesia Ingin Menjadi Tuan Rumah World Expo

Tuesday, 11 February 20 Herry Drajat
Bureau International des Expositions

Indonesia ditetapkan menjadi salah satu anggota Komite Eksekutif Bureau International des Expositions (BIE) periode 2019-2021 pada 27 November 2019. Komite eksekutif tersebut beranggotakan 12 negara, yakni Indonesia, Finlandia, Hungaria, Monaco, Swiss, Jepang, Spanyol, Selandia Baru, Italia, Rusia, Senegal, dan Perancis

Menindaklanjuti penunjukan tersebut, Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) menggelar rapat koordinasi pada 7 Februari 2020 untuk memaksimalkan peran Indonesia sebagai salah satu anggota komite eksekutif pada BIE yang bertugas mengawasi dan mengatur pameran internasional, antara lain World Expo, Specialized Expo, Horticultural Expo, dan Triennalle de Milano.

"Rapat koordinasi ini merupakan bentuk sinergi Kemendag dengan kementerian/lembaga terkait dan asosiasi untuk memaksimalkan peran Indonesia dalam komite eksekutif BIE," kata Dody Edward, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan.

Pada rapat tersebut juga dicapai kesepakatan bahwa Kemendag menjadi wakil Indonesia pada komite eksekutif BIE dan mengusulkan Indonesia untuk mencalonkan diri sebagai tuan rumah pameran internasional yang dinaungi BIE. Kemendag nantinya akan dibantu oleh sebuah tim sekretariat untuk menyinergikan peran dari kementerian/lembaga terkait.

Halaman : 12