Wishnutama Janjikan Integrated Master Plan Selesai Pertengahan Tahun 2020

Tuesday, 07 January 20 Bonita Ningsih

Rencana Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio terkait integrated master plan sudah di depan mata. Bahkan, ia menjanjikan akan menyelesaikan integrated master plan tersebut pada pertengahan tahun 2020.

“Kalau bisa malah lebih cepat, 3 hingga 4 bulan dari sekarang akan kami rampungkan,” ujar Wishnutama.

Keinginan Wishnutama membuat integrated master plan bukan tanpa alasan. Menurutnya, selama ini pemerintah hanya memiliki Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional (Reparnas). Butir-butir peraturan Reparnas, menurut Wishnutama, masih bersifat normatif, belum ke tahap implementatif. Bahkan, ia menyebutkan Reparnas tersebut belum menyentuh ke pelaksanaan di level teknis.

Dengan adanya integrated master plan, diharapkan bukan saja berguna untuk pemerintah, tetapi juga berguna untuk pemangku kepentingan di industri pariwisata. Pemerintah dapat dengan mudah memetakan program apa saja yang akan dibuat untuk mengembangkan pariwisata Indonesia, sementara pemangku kepentingan dapat menyusun strategi untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

“Makanya, sekarang kita ingin memantapkan itu semua dengan integrated master plan. Para stakeholder tahu betul bagaimana cara memasarkan Indonesia, seperti wilayah mana yang dapat dikembangkan dan akan dibawa ke mana pariwisata Indonesia ke depannya,” ujar Wishnutama.