Ini Keunggulan Jelajah Sungai di Atas Kapal Pesiar

Tuesday, 16 July 19 Bonita Ningsih
river cruise avalon waterways

Popularitas wisata kapal pesiar terus meningkat. Kebanyakan orang hanya mengetahui wisata kapal pesiar untuk menjelajahi lautan. Padahal, saat ini sudah ada jelajah sungai menggunakan kapal pesiar.

Salah satu perusahaan river cruise (pelayaran sungai) ialah Avalon Waterways. Selama 15 tahun, Avalon Waterways menawarkan penjelajahan sungai-sungai di Eropa, Amerika Selatan, Asia Tenggara, dan Kepulauan Galapagos.

Banyak keunggulan yang didapat saat berjelajah sungai dengan kapal pesiar, bahkan beberapa di antaranya tidak ditemukan saat melakukan jelajah laut. Ray Smith, General Sales Agencies Business Development Manager Avalon Waterways, menjelaskan beberapa keunggulan dan keuntungan yang didapatkan dari jelajah sungai menggunakan kapal pesiar.

  • Mudah Dijangkau

Kapal pesiar untuk menjelajahi sungai dapat diparkir di dekat daratan sehingga para wisatawan mudah menjangkaunya. Berbeda dengan ocean cruise (pelayaran laut) yang melakukan docking di tengah laut sehingga wisatawan perlu menggunakan perahu kecil untuk mencapainya.

BACA JUGA:   Korea Selatan, Best in Travel 2018 di Asia Pasifik

“Kapal kita itu bersandar persis di pinggir kota, jadi mereka langsung dapat menaiki kapal pesiar tanpa perlu ke tengah perairan,” ujar Ray.

  • Keliling Banyak Kota

River cruise menawarkan pengalaman wisata darat yang mengesankan. Di sini, para wisatawan akan diajak city tour di 5 hingga 6 kota yang sudah ditentukan. Kapal pesiar dapat dengan mudah menyinggahi kota-kota tersebut karena pendaratan kapal di sungai lebih cepat dibanding di laut.

“Memang fasilitas yang dimiliki river cruise ini tidak selengkap di ocean cruise, misal kolam renang atau tempat bermain. Hal ini karena aktivitas river cruise lebih banyak dilakukan di darat sehingga tidak memerlukan fasilitas seperti itu,” ucapnya lagi.

  • Makanan Segar

River cruise selalu menyediakan makanan segar dan sehat di dalam kapal. Setiap harinya menu yang disediakan juga berbeda-beda sehingga para wisatawan tidak bosan saat menyantap makanannya.

BACA JUGA:   Makanan Halal akan Tersedia di Dalam Pesawat

Setiap menyinggahi suatu kota, para koki akan turun langsung ke daratan untuk membeli bahan makanan di pasar terdekat. Mereka selalu membeli bahan makanan paling segar sehingga makanan yang disajikan akan selalu sehat.

“Kalau ocean cruise kan pasti berhari-hari di tengah lautan sehingga mereka harus menyimpan stok makanan di ruang pendingin. Jadi, makanan yang disajikan pun tidak begitu fresh,” katanya lagi.

  • Nyaman Selama Perjalanan

Menjelajahi sungai dengan kapal pesiar akan membuat penumpang nyaman dan tenang. Hal ini terjadi karena di sungai tidak ada gelombang tinggi seperti di laut. Penumpang yang sering kali pusing dan mual saat menjelajahi laut, akan terlihat nyaman dan rileks saat mengikuti river cruise.

“Ada beberapa orang akan sakit kalau naik kapal besar di laut, tapi di sini tidak akan menemukan itu. Di sini juga dapat dengan mudah melihat panorama indah kota-kota yang berada di pinggir kota yang dijelajahi,” ungkapnya.

  • Cepat Mengatasi Masalah
BACA JUGA:   50 Juta Turis Cina Kunjungi Asia Pasifik

Permasalahan yang sering dihadapi river cruise ialah keadaan air, surut atau pun pasang. Ray mengungkapkan, jika air surut, maka kapal pesiar tidak akan bisa jalan, begitu juga jika air pasang. Namun demikian, kondisi air yang tidak stabil bukan menjadi hambatan besar. Tim kapal dapat dengan mudah dan cepat mengatasi hal tersebut dengan menurunkan penumpang di kota terdekat. Hal ini dapat dengan cepat dilakukan karena kemudahan kapal dalam parkir atau bersandar di pinggir kota.

“Akan ada fasilitas tambahan juga kalau kejadiannya seperti ini. Kita bekerja sama dengan pihak hotel setempat untuk menampung para penumpang, atau kita ajak city tour kalau tidak terlalu lama masalahnya,” imbuh Ray.