Avalon Waterways Tawarkan Sensasi Berkeliling Sungai dengan Kapal Pesiar

Tuesday, 16 July 19 0 Comments   Bonita Ningsih
Avalon Waterways

Berwisata dengan kapal pesiar memang menjadi salah satu pilihan terbaik saat liburan. Banyak wisatawan yang menggunakan jasa kapal pesiar untuk berkeliling di atas lautan. Namun, tidak hanya di laut, kini kapal pesiar juga dapat digunakan untuk mengelilingi sungai.

Salah satu perusahaan yang menawarkan jasa berkeliling sungai dengan kapal pesiar ialah Avalon Waterways. Diperkenalkan sejak 2003 silam, perusahaan river cruise (pelayaran sungai) ini menawarkan penjelajahan sungai-sungai di Eropa, Amerika Selatan, Asia Tenggara, dan Kepulauan Galapagos.

Melania Sugeng, Operation Manager Avalon Waterways, mengatakan, rute yang dilalui berbeda-beda, tergantung negara yang dikunjungi. Saat berada di Eropa, wisatawan akan diajak menelusuri sungai Rhine, Danube, Moselle, Rhone, Seine, dan Saone.

“Rute perjalanan Eropa itu ada di negara Prancis, Austria, Jerman, lalu turun ke bawah. Sedangkan untuk rute perjalanan di Asia Tenggara hanya melalui negara Vietnam,” kata Melania.

Perjalanan menelusuri sungai dilakukan setiap bulan April hingga November. Wisatawan dapat dengan mudah menaiki kapal pesiar Avalon Waterways karena kapal-kapalnya disandarkan di pinggir sungai, dekat dengan daratan.

“Kita punya 14 kapal pesiar di Eropa dan 2 kapal pesiar di Vietnam,” ujar Melania.

Menjelajahi sungai dengan kapal pesiar menawarkan pengalaman berbeda bagi wisatawan. Tidak hanya fasilitas mewah yang didapat, perjalanan ini akan menyuguhkan panorama dan pemandangan indah kota-kota Eropa dari atas kapal.

“Avalon Waterways mampu menciptakan perpaduan antara kemewahan dan kenyamanan dari atas kapal pesiar sehingga memberikan pengalaman liburan yang tidak terlupakan,” ungkap Ray Smith, General Sales Agencies Business Development Manager Avalon Waterways.

Berbagai inovasi pun sering dilakukan oleh Avalon Waterways, salah satunya ialah menghadirkan kabin Panorama Suites. Konsep kabin ini memiliki balkon terbuka lebar, the wall to wall, floor to ceiling windows, dan jendela ukuran 3,4 meter yang hampir seluas dinding dan setinggi kabin. Istimewanya lagi, kabin Panorama Suites mendapatkan penghargaan sebagai Best Cabins dan penghargaan Cruiser Choice Award Top 10 River Cruise Ships 2019.

“Ukuran kabin kita ini 30 persen lebih besar dari ukuran standar kabin yang berada di kapal pesiar sungai milik perusahaan lain. Makanya, kita mendapatkan penghargaan tersebut,” kata Ray.

Keunggulan lainnya, Avalon Waterways memiliki tempat tidur menghadap keluar untuk melihat pemandangan sekitar sungai yang indah. Setiap kamar dilengkapi dengan fasilitas lainnya, seperti kamar mandi eksklusif, televisi, mantel handuk, sandal tidur, air minum, dan beberapa fasilitas layaknya di hotel berbintang.

Fasilitas lainnya yang juga tidak kalah istimewa ialah pengalaman wisata darat yang mengesankan. Avalon Waterways menawarkan tur keliling kota di beberapa titik selama perjalanan berlangsung. Terdapat 5 hingga 6 titik kota yang dapat disinggahi wisatawan selama menaiki kapal pesiar tersebut.

“Di sana kita sudah menyiapkan local guide juga. City tour ini berlangsung kurang lebih 2 hingga 3 jam, tergantung seberapa besarnya kota yang akan disinggahi,” imbuh Melania.

Muatan kapal pesiar yang dimiliki Avalon Waterways bervariasi. Melania menjelaskan, untuk ukuran kapal pesiar yang besar dapat memuat 166 orang, sedangkan untuk kapal pesiar yang lebih kecil dapat memuat 127 orang.

“Paling banyak wisatawan yang datang dari negara Amerika, Australia, Canada, Hongkong, Taiwan, Singapura, dan Filipina,” Melania menambahkan.

Setiap satu kali perjalanan, Avalon Waterways memerlukan waktu selama delapan hari untuk mengelilingi sungai dengan kapal pesiar. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari US$400 hingga US$800 per malamnya.

“Harga tersebut sudah dapat menikmati fasilitas yang kita sediakan dan sudah termasuk coffee break, makan pagi, dan makan siang. Tiap hari kita juga menyediakan menu makan yang berbeda-beda. Jadi, dengan harga segitu relatif terjangkau,” ujar Ray.