Jakarta akan Bentuk Badan Promosi Pariwisata dan MICE

Thursday, 17 January 19   43 Views   0 Comments   Bayu Hari

Pentingnya keberadaan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) mencuat dalam acara Jakarta Tourism Forum yang berlangsung pada 16 Januari 2019 di Hotel Grand Cempaka. BPPD ini rencananya tak hanya mempromosikan Jakarta sebagai destinasi tujuan wisata, melainkan juga meramaikan Ibu Kota dengan menjadi tuan rumah event-event internasional.

Menurut Ika Nazaruddin dari Pacto Convex, sebagai pusat pemerintahan dan bisnis, peluang Jakarta untuk mendatangkan turis MICE sangat besar. Ika berpendapat bahwa turis MICE memiliki pengeluaran yang tujuh kali lebih besar dari turis leisure, dan rerata memiliki level pendidikan dan ekonomi yang mapan.

“Mereka bisa menjadi influencer. Potensi MICE travelers untuk datang kembali sebagai turis leisure sangat tinggi. Bila merasa senang, mereka akan kembali lagi bersama keluarga atau pun kerabatnya,” kata Ika.

Lebih lanjut ia menjelaskan, apabila ingin menyasar turis MICE, Jakarta membutuhkan lembaga pemasar destinasi, terutama untuk memfasilitasi bidding event internasional. “Biaya untuk bidding itu besar sehingga berat bila harus ditanggung oleh PCO. Ketika menang, baru diserahkan ke PCO. Karena khitah PCO itu sebenarnya me-manage event,” katanya.

Selain keberadaan lembaga pemasaran, Jakarta juga diharapkan mampu memberikan dukungan semisal gala dinner dan culture performance agar lebih kompetitif ketika bersaing dengan kota lain. “Itu perlu sebagai nilai tambah bagi Jakarta,” katanya.