Kemenpar Promosikan Danau Toba Saat Car Free Day Jakarta

Monday, 05 November 18 Harry Purnama
Badan Otoritas Pariwisata Danau Toba

Promosi pariwisata Danau Toba dalam Car Free Day (CFD) Pesona Danau Toba, 4 November 2018, yang berlangsung di Park and Ride, Jalan MH Thamrin Jakarta berjalan dengan sukses dan meriah. Ratusan pengunjung tampak antusias mengikuti beragam rangkaian kegiatan yang diawali dengan senam zumba pada 07.00 WIB.

“Ini momentum yang efektif untuk mempromosikan Danau Toba sebagai salah satu 10 Destinasi Prioritas Pariwisata yang sedang dikembangkan oleh pemerintah. Sebab, saat CFD, ribuan orang hadir di jalan protokol ini,” ujar Ni Wayan Giri Adnyani, Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata.

Setelah senam zumba, senam Tari Tor Tor (Sigale-gale) juga ditampilkan. Para pengunjung yang datang diajak untuk mengikuti tarian khas suku Batak itu agar warga Ibu Kota merasakan lebih dekat budaya yang ada di Sumatera Utara.

“Kalau ke Danau Toba, jangan lewatkan kesempatan menari Tor Tor. Tapi kalau belum berkesempatan mengunjungi Danau Toba, semuanya kami suguhkan di sini,” ujar Ni Wayan Giri Adnyani.

“Mungkin banyak masyarakat yang belum mengetahui, bila ke Danau Toba saat ini sudah bisa langsung tanpa harus ke Medan (Kuala Namu) lebih dulu. Total ada 5 penerbangan yang langsung ke Silangit,” tambah Ni Wayan Giri Adnyani.

Direktur Utama Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo juga menambahkan, saat ini penerbangan langsung internasional menjadi elemen vital bagi destinasi Danau Toba. “Penerbangan internasional reguler, apalagi direct flight seperti ini sangat penting bagi Danau Toba. Poros regional Asia Tenggara seperti Malaysia dan Singapura merupakan market yang potensial,” kata Arie.

Arie menambahkan, wisatawan sekarang bisa menikmati kemudahan akses, atraksi budaya lokal, dan amenitas yang ada di destinasi Danau Toba lebih maksimal lagi. Target tahun ini, wisatawan domestik melalui Silangit sebanyak 500.000 orang, dan tahun depan ditargetkan bisa dua kali lipat.

Bandara Silangit sendiri saat ini melayani tujuh penerbangan domestik dari Jakarta setiap harinya, yang dilayani oleh lima maskapai, yaitu Citilink, Sriwijaya Air, Lion Air, Batik Air, dan Garuda Indonesia.