Jakarta Kini Terhubung Penerbangan Langsung dengan Ethiopia

Wednesday, 25 July 18   19 Views   0 Comments   Herry Drajat
Ethiopia Airlines

Pada 21 Juli 2018, di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta diadakan upacara penyambutan kedatangan penumpang perdana dari Ethiopia Airlines, yang dihadiri Duta Besar Ethiopia untuk Indonesia Profesor Admasu Tsegaye (Phd), Director of Business Development Panorama Destination Afrika, Eropa, Baltic States Ricky Setiawanto, dan Area Manager Indonesia Ethiopian Airlines Zebiba Miftah.

Penerbangan langsung ini membuka konektivitas antara Indonesia dan Ethiopia. Ethiopia Airlines akan melayani penerbangan dari Addis Ababa ke Jakarta dan sebaliknya sekali dalam seminggu, dan ke depannya akan ditingkatkan menjadi 3 kali seminggu. Pada penerbangan perdana ini, Ethiopian Airlines membawa 50 orang turis dari Ethiopia yang akan berwisata ke Jakarta dan Bali, dan merupakan klien dari Panorama Destination.

Untuk pasar Afrika selama ini yang terbesar adalah dari Afrika Selatan yang sudah digarap selama 4 tahun. Ricky mengatakan, “Afrika Selatan merupakan pasar paling besar di Afrika. Tiap hari ada turis masuk menggunakan regular flight dari Qatar Airlines, Emirates Airlines, dan Singapore Airlines. Kami punya wholesaler di sana, dan sejak 4 tahun lalu kami secara agresif memasarkan paket wisata tujuan Indonesia. Kita tahu bahwa mereka mempunyai daya beli. Tiap tahun ada kenaikan jumlah wisatawan karena adanya dukungan penerbangan internasional ke tiga kota besar di sana, yaitu Johannesburg, Durban, dan Cape Town.”

Adanya wisatawan dari Ethiopia adalah di luar prediksi, dan itu terjadi setelah Panorama Destination dihubungi oleh pihak Ethiopian Holliday yang merupakan anak perusahaan Ethiopian Airlines untuk bekerja sama dalam bidang turisme, yang dilanjutkan pertemuan pada Mei 2018. Proses perizinan berjalan lancar sehingga pada 21 Juli ini Ethiopian Airlines bisa melakukan penerbangan perdana ke Jakarta. Paket wisata yang akan dinikmati wisatawan dari Ethiopia kali ini adalah 2 hari di Jakarta dengan aktivitas berbelanja dan mengunjungi beberapa destinasi, dilanjutkan 5 hari di Bali, lalu kembali ke Addis Ababa dengan transit di Jakarta.

“Kami sangat senang meluncurkan penerbangan langsung ke Jakarta. Ini merupakan satu-satunya koneksi langsung antara Afrika dan Indonesia oleh maskapai Afrika. Rute baru ini akan memperkuat posisi kami di Asia dan memungkinkan kami untuk tetap menjadi maskapai pilihan yang menghubungkan Afrika dan Asia. Di tahun-tahun mendatang, hubungan perdagangan Afrika dan Indonesia, investasi, dan pariwisata akan terus bertumbuh, dan penerbangan langsung kami akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kerja sama Afrika-Indonesia,” ujar Tewolde Gebre Mariam, CEO Ethiopian Airlines Group.