Kejar Target Wisman, Kemenparekraf Perbanyak Penerbangan Langsung

Wednesday, 11 January 23 Bonita Ningsih
Bandara Sepinggan Balikpapan
Bandara Sepinggan di Balikpapan akan menjadi salah satu lokasi parkir pesawat delegasi annual meeting IMF-WB. Foto: Venuemagz/Erwin

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menetapkan target kunjungan wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia pada tahun 2023. Keputusannya adalah Kemenparekraf menetapkan target batas bawah 3,5 juta wisman dan batas atas 7,4 juta wisman.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan target tersebut naik dua kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2022. Sandiaga mengatakan pada tahun 2022 telah ditargetkan 3,6 juta wisman untuk batas atas dan target batas bawah 1,8 juta wisman. 

“Target 2023 ini memang bertambah dua kali lipat dari target tahun 2022. Kita harus melakukan sejumlah strategis untuk mencapai target tersebut,” kata Sandiaga saat menghadiri kegiatan “The Weekly Brief With Sandi Uno”.

BACA JUGA:   Lima Dampak Penting dari Libur Panjang Lebaran

Salah satu langkah yang tengah dipersiapkan Kemenparekraf adalah menambah rute penerbangan langsung dari luar negeri ke Indonesia. Dalam hal ini, Menparekraf mengajak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar dapat bekerja sama untuk merealisasikan langkah strategis tersebut.

Sandiaga menyebutkan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan penambahan rute penerbangan langsung dari Qatar dan Dubai ke Indonesia. Meskipun belum mengetahui kapan pastinya rute tersebut dibuka, Sandiaga, meyakini kedua negara tersebut akan menjadi yang tercepat dalam melakukan hal tersebut.

BACA JUGA:   Indonesia Membawa Oleh-Oleh Rp342 Miliar dari ITB Asia

“Kedua negara tersebut sudah menyampaikan langsung ke kami akan membuka penerbangan langsung ke Indonesia,” Sandiaga menambahkan.

Selanjutnya, pemerintah akan menyiapkan penambahan rute penerbangan langsung dari Singapura dan beberapa negara ASEAN lainnya. Hal ini dilakukan karena Indonesia akan menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum (ATF) pada Februari 2023 mendatang.

Selain itu, Kemenparekraf juga akan mengupayakan untuk membuka penerbangan langsung dari Australia menuju destinasi unggulan Bali. Dalam waktu dekat, pemerintah juga akan membuka penerbangan langsung dari India ke Indonesia yang diupayakan terlaksana pada kuartal pertama 2023.

BACA JUGA:   Wishnutama akan Bentuk Deputi Bidang MICE di Kemenparekraf

“Ini merupakan permintaan langsung dari Pak Presiden Jokowi untuk ada penerbangan langsung dari India. Kami akan kerja sama dengan maskapai penerbangan dan Kemenhub agar pasar yang sangat potensial ini yaitu India dapat terlayani dengan penerbangan langsung ke dua destinasi unggulan kita yaitu Denpasar dan Jakarta,” jelas Sandiaga.