Kelekak Batik Belitong Tampil pada Fashion Show Wastra Apkasi Otonomi Expo 2022

Monday, 25 July 22 Harry
Kelekak Batik Belitong Apkasi Otonomi Expo

Pada rangkaian event Apkasi Otonomi Expo 2022, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) juga menggelar fashion show Wastra Nusantara yang diselenggarakan pada 21 Juli 2022 di Hall A Jakarta Convention Center.

Event yang diikuti oleh UMKM dari masing-masing kabupaten ini diharapkan menjadi salah satu wahana ajang promosi bagi produk-produk unggulan UMKM, terutama produk kain batik dan tenun handmade. Pemerintah Kabupaten Belitung pada kesempatan ini diwakili oleh Kelekak Batik Belitong juga ikut meramaikan rangkaian lomba fashion show tersebut.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Belitung, Dr. Zakina, S. Sos., M. Si, dan Puteri Diah Pitaloka dipilih sebagai model untuk menampilkan hasil rancangan baju batik hasil karya dari desainer Diana Kelekak Batik Belitong dengan tema busana sehari-hari. Motif yang ditampilkan dari karya milik Diana terinspirasi dari keanekaragaman hayati di Belitung yang dituangkan dalam produk ecoprint daun karet, pepaya Jepang dan mangga, serta batik tulis dengan corak nanas dan daun simpur dalam warna eksentrik kekinian.

BACA JUGA:   Menpar Arief Yahya Buka Rakornas SMK Pariwisata di Bali

Diharapkan dengan berpartisipasinya Kelekak Batik Belitong pada gelaran Fashion Show Wastra Nusantara Apkasi Otonomi Expo 2022 ini mampu untuk memperkenalkan produk-produk unggulan UMKM Kabupaten Belitung, terutama produk kain batik ke kancah nasional maupun internasional. Selain itu, keikutsertaan Belitung pada fashion show ini juga diharapkan dapat menampilkan lebih banyak lagi karya desainer lokal dalam berbagai ajang.

BACA JUGA:   Majalah VENUE Menerima Penghargaan Dari Pemprov Jambi

Apresiasi positif dari dewan juri dan para tamu undangan yang hadir pada gelaran Fashion Show Wastra Nusantara Apkasi Otonomi Expo 2022 didapatkan oleh Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Kelekak Batik Belitong, yang mana mampu untuk bersaing dengan produk-produk unggulan UMKM, terutama produk kain batik dari kabupaten lain yang sudah lebih dulu berkiprah di kancah nasional maupun internasional. Utamanya atas kerapihan dari teknik pukul pembuatan ecoprint yang tingkat kesulitannya tinggi dan sering kali kurang sempurna hasilnya. Selain itu, diapresiasi karena memperdayakan disabilitas dalam proses pengerjaannya.

BACA JUGA:   Sompo Insurance Indonesia Luncurkan Produk Asuransi Berbasis Syariah

Lomba Fashion Show ini diikuti oleh 14 Kabupaten/Kota peserta Apkasi Otonomi Expo 2022. Usai lomba Fashion Show digelar, Belitung langsung ditawarkan untuk ikut dalam Jakarta Fashion Week yang kerap digelar dengan mengusung tema khusus tentang kearifan lokal Belitung dari setidaknya 12 desainer lokal.