Tiket Pulau Rinca Tidak Mengalami Kenaikan Harga

Tuesday, 26 July 22 Harry Purnama

Per tanggal 1 Agustus 2022, harga tiket masuk ke taman nasional Komodo akan naik menjadi Rp3,75 juta yang berlaku untuk satu tahun. Awalnya, harga tiket masuk ke TN Komodo hanya Rp150.000 per orang. Namun, kenaikan tiket masuk tersebut hanya berlaku untuk ke Pulau Komodo dan Pulau Padar.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan bahwa kenaikan tiket TN Komodo tersebut dan juga pembatasan kunjungan hanya 219.000 orang per tahun merupakan sebuah bentuk konservasi dan pariwisata yang berkelanjutan serta berkualitas.

BACA JUGA:   3A di Labuan Bajo Harus Berkelas Dunia

“Wisatawan diminta untuk berkontribusi untuk konservasi pelestarian lingkungan dan konservasi Komodo,” ujar Sandiaga Uno.

Namun, bagi wisatawan yang merasa harga tiket masuk tersebut terlalu mahal, masih ada opsi untuk melihat Komodo di pulau Rinca. Sebab, tiket masuk di pulau Rinca tidak mengalami kenaikan.

“Untuk wisatawan yang ingin melihat Komodo dengan bentuk yang sama dan harga yang lama, bisa dilakukan di pulau Rinca yang sudah ditata,” ujar Sandiaga.

BACA JUGA:   Digital Nomad Berpotensi Bangkitkan Sektor Perhotelan

Selain mengunjungi pulau Rinca, para wisatawan juga diajak Sandiaga untuk mengunjungi obyek wisata lainnya. Menurutnya, ada 142 pulau di kawasan TN Komodo, dan banyak destinasi lain yang bisa dikunjungi, seperti Goa Batu Cermin, kawasan Waterfront, Goa Rangko, Pulau Kelor, dan sebagainya.

“Pulau Kelor termasuk salah satu lokasi snorkeling terpopuler dan cocok untuk wisata keluarga,” ujar Sandiaga.