Menpar Arief Yahya Buka Rakornas SMK Pariwisata di Bali

Thursday, 22 March 18   39 Views   0 Comments   Nila Sofianty

Menteri Pariwisata Arief Yahya membuka sekaligus menjadi keynote speaker pada rapat koordinasi (rakornas) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata ke-4 yang berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Center pada 22 Maret 2018.

Penyelenggaraan Rakornas dengan mengangkat tema “Akselerasi Peningkatan Kualitas dan Daya Saing SMK Pariwisata” tersebut dalam rangka mengembangkan kualitas dan daya saing lulusan SMK Pariwisata di dunia kerja.

“Hingga kini pekerja berpendidikan kejuruan hotel/pariwisata yang bekerja di industri akomodasi relatif masih rendah dibanding dengan pekerja berpendidikan kejuruan lainnya,” ujar Arief Yahya.

Untuk itu, lanjut Arief, perlu dilakukan terobosan dengan mengoptimalkan fungsi LSP agar dapat menghasilkan lulusan SMK sesuai dengan standar kompetensi, juga mengembangkan pedoman magang pada industri pariwisata.

Ini adalah kali ke-4 rapat koordinasi nasional SMK Pariwisata Se-Indonesia diadakan. Acara ini juga bertujuan mengembangkan daya saing SMK Pariwisata dalam memajukan pariwisata, mendorong kerja sama SMK Pariwisata dengan asosiasi pariwisata, dan meningkatkan peran fungsi SMK dalam bidang pariwisata. Dalam acara yang digelar, kurang lebih ada 288 SMK se-Indonesia yang menyandang status akreditasi A yang ikut dalam rapat koordinasi nasional tersebut.

Arief juga berharap kegiatan Rakornas ini dapat menghasilkan program konkret untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK agar lebih banyak terserap di usaha pariwisata, antara lain berupa skema peningkatan kompetensi guru maupun standar pelaksanaan sertifikasi kompetensi oleh LSP dan standardisasi pedoman magang pada industri pariwisata.