Luncurkan Nama Baru, Poltekpar NHI Bandung Diharapkan Mampu Tingkatkan Kualitas SDM Parekraf

Friday, 18 March 22 Bonita Ningsih

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) melakukan perubahan nama menjadi Politeknik Pariwisata (Poltekpar) NHI Bandung. Perubahan nama ini merupakan amanat dari salah satu undang-undang untuk memberikan hal baik dan unggul dalam penyelenggaran pendidikan yang lebih spesifik pada bidang pariwisata.

Sebelumnya, Poltekpar NHI Bandung juga telah melakukan beberapa kali perubahan nama sejak tahun 1962. Mulai dari APP, APN, NHI, NHTI, BPLP, STPB, dan saat ini menjadi Poltekpar NHI Bandung yang diikuti pula pada perubahan statuta serta Organisasi dan Tata Kerja (OTK).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan perubahan nama ini menjadi sebuah inovasi yang berkesinambungan dalam upaya mempersiapkan dan melaksanakan kurikulum yang berkualitas. Dengan demikian, diharapkan Poltekpar NHI Bandung mampu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap memasuki dunia kerja pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

BACA JUGA:   Musisi Lintas Generasi Hadir dalam The Papandayan Jazz Fest 2023

“Saya bangga dengan Poltekpar NHI Bandung karena terus menjadi yang terdepan dengan terus meningkatkan inovasi dalam menyiapkan dan pelaksanaan kurikulum dan membuka lapangan kerja atau job opportunity. Saya ingin serius sekali untuk pengembangan di SDM pariwisata dan ekonomi kreatif karena membangun ekonomi baru kita harus dimulai dengan peningkatan kualitas SDM kita,” jelas Sandiaga.

BACA JUGA:   Pariwisata dan E-Commerce, Sektor Unggulan Investasi pada 2018

Ke depannya, Sandiaga berharap lembaga pendidikan pariwisata pertama di Asia dan Indonesia ini mampu menjadi center of excellence in culinary tourism. Selain itu, dapat menjadi pusat inkubasi wirausaha parekraf, program magister terapan, hingga membuka program doktor di bidang parekraf.

“Saya ingin melihat lulusan S3 dari Poltekpar NHI Bandung ke depan bisa menyebarkan ilmu ke seluruh wilayah nusantara dan talenta-talenta terbaik kita bisa membangun SDM yang kuat,” ujarnya.

BACA JUGA:   Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Event GPDRR 2022 Untuk Pulihkan Ekonomi Nasional

Selain itu, Sandiaga, juga akan memastikan untuk mengawal langsung proses Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (SBMPTNP) di 6 Poltekpar naungan Kemenparekraf.

“Saya memutuskan untuk langsung turun tangan agar seleksi masuk mahasiswa baru di 6 PTNP di bawah Kemenparekraf, jumlah pendaftarnya meningkat secara signifikan tahun ini,” ucapnya lagi.