MUNAS IVENDO 2022 Tetapkan Ketua Umum dan Sekjen Baru

Monday, 30 May 22 Bonita Ningsih

Setelah melalui beberapa kali penundaan akibat pandemi Covid-19, akhirnya Asosiasi Dewan Industri Event Indonesia (IVENDO) menggelar MUNAS NASIONAL ke-2. MUNAS-2 ini berhasil diselenggarakan secara luring di Jakarta pada tanggal 25-26 Mei 2022. 

Meski usianya baru 3,5 tahun, IVENDO, telah menjelma sebagai organisasi profesional yang diakui keberadaannya dan dirasakan wujud karya nyatanya di tanah air. Jumlah kepengurusan daerah IVENDO kini berada di 18 provinsi dan tahun 2022 ini adalah masa akhir kepengurusan tiga-tahunan DPP IVENDO periode perdana.

Mulkan Kamaludin, Ketua Umum DPP IVENDO periode pertama menjelaskan bahwa MUNAS-2 ini membahas paling tidak dua hal penting dan strategis yang harus dicapai IVENDO. Keduanya adalah memilih ketua umum dan kepengurusan organisasi baru serta membangun kembali komitmen para anggota organisasi untuk terus bersatu, bersinergi, dan berbagi peran dalam upaya memajukan industri event dan pariwisata di Indonesia. 

BACA JUGA:   IIMS 2018 Tuai Sukses Besar

Hasilnya, sidang Pleno MUNAS-2 IVENDO menetapkan kembali Mulkan Kamaludin dari INTRO Production sebagai Ketua Umum IVENDO. Kemudian, Ilyas Miki Balilah dari IZI Communication terpilih sebagai Sekretaris Jenderal IVENDO untuk periode 2022-2205. Pemilihan keduanya dilakukan secara musyawarah oleh para anggota IVENDO.

Rangkaian kegiatan MUNAS-2 IVENDO sejatinya sudah dimulai dari awal tahun 2022 ini. Beberapa rangkaian kegiatan yang telah dilakukan di antaranya adalah kegiatan bakti sosial, webinar industri event, penyelenggaraan sertifikasi MICE gratis untuk anggota, hingga acara puncaknya penyelenggaraan seminar pariwisata dan dialog interaktif bertajuk “Event Tourism for The Future of Tourism Industry in Indonesia”.

BACA JUGA:   Sanksi Sosial Diperlukan Saat Membuka Kembali Pariwisata

Acara puncak tersebut menghadirkan beberapa pembicara yang mewakili segmen pasar event tourism yaitu festival, entertainment, sport, bisnis, dan event support. Selain itu, juga menampilkan keynote speaker yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

“Pandemi telah memberikan pelajaran berharga bahwa kita harus meningkatkan teknologi digital, mendorong penyelenggaraan event yang ramah lingkungan, kesehatan dan CHSE. Segala upaya pemulihan pariwisata akan berpusat pada event. Oleh sebab itu kita harus mendorong penyelenggaraan event dari tingkat desa sampai nasional yang memberikan kontribusi positif yang hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat luas. Untuk mewujudkan hal itu jangan lagi pakai EO-EO yang bukan EO Indonesia”, kata Sandiaga yang hadir secara virtual.

BACA JUGA:   Raja dan Sultan Nusantara akan Promosikan Indonesia

Harry D. Nugraha, Sekjen IVENDO periode pertama mengatakan inklusivitas pariwisata adalah sebuah keniscayaan dan sinergi yang berdaya ubah adalah pakta integritasnya. Maka tak heran jika sesi dialog interaktif MUNAS-2 menghadirkan para narasumber yang mewakili segmen-segmen pasar event tourism.