Pangeran dan Putri Georgia Kagumi Pariwisata Indonesia

Wednesday, 15 August 18 Nila Sofianty

Untuk pertama kalinya, Pangeran dan Putri Republik Georgia berkunjung ke Indonesia dan menikmati sejumlah destinasi wisata unggulan di Manado, Bali, dan Jakarta. Menurut Hans Huang, juru bicara rombongan dari Georgia, pasangan kerajaan ini sangat mengagumi pariwisata Indonesia, khususnya Bali, berikut keramahtamahan warganya.

“Indonesia memiliki banyak sekali potensi pariwisata yang unik dan langka dimiliki negara lain, terutama keramahan warganya. Putri dan Pangeran Georgia sangat senang dengan keunikan itu, contohnya lokasi Pure Villa Bali di Canggu ini berada di tengah-tengah penduduk lokal Bali dengan jalan masuk yang unik bagi mereka karena mereka juga senang berbaur dengan masyarakat,” ujar Hans Huang.

Diungkapkan juga oleh Hans, saat menghadiri Tomohon International Flower Festival (TIFF) pada 8-10 Agustus 2018 di Tomohon, Manado, pun pasangan ini begitu menikmati acara festival bunga yang merupakan salah satu event nasional terbaik yang masuk ke Top 100 Calendar Event Pariwisata Indonesia ini.

Saat di acara Tomohon International Flower Festival yang mengangkat tema “Beautiful Tomohon, Sing with Flowers” ini, pasangan Pangeran dan Putri Georgia ini sangat mengundang perhatian para peserta karnaval lainnya dan para pengunjung yang hadir. Pasangan kerajaan ini membawa tim sebanyak sekitar 14 orang untuk menyaksikan langsung Tomohon International Flower Festival (TIFF) ke-8 ini.

Selain ikut menyaksikan, rombongan dari Georgia ini juga menjadi bagian dari 19 negara yang hadir yang terdiri dari 11 negara anggota Council of Asian Flower Exhibition (CAFÉ), ditambah delapan lainnya, mulai Ceko, Nepal, Pakistan, Jepang, Kazakhstan, dan Georgia.

Sama seperti kekaguman mereka pada keindahan adat budaya dan seni yang ditampilkan di acara festival bunga yang lalu, pasangan ini juga mengaku sangat terkesan dengan pariwisata Bali.

Untuk itu, manajemen Pure Villa Bali Canggu serta Denny Haryono dan Helen Jeniwati mengaku bangga menjadi tuan rumah sebuah pesta makan malam bagi The Royal Highnesses Prince & Princess Juan Bagration Mukhrani dari Georgia pada 12 Agustus 2018 lalu.

“Ini adalah sebuah kebanggaan bagi Pure Villa Bali untuk menyambut The Royal Highnesses of Georgia di Bali dan mendapatkan kesempatan untuk mengadakan makan malam spesial untuk mereka,” ujar Helen Jeniwati yang turut mengundang para tamu dari Indonesia juga untuk ikut menyambut tamu kehormatan dari Georgia itu.

Menurut Helen, kehadiran mereka di Bali selain untuk berwisata dan mengenal lebih jauh tentang keindahan pariwisata Bali berikut adat budaya dan seninya juga pastinya diselingi pembicaraan potensial mengenai potensi apa di masa mendatang yang bisa dijalin antara mereka selain potensi pariwisata. “Selain mengekplorasi potensi wisata yang baru kali ini kami jalin dan berharap ke depannya akan banyak lagi turis dari Georgia yang akan berwisata ke Bali karena image baik Bali dan Indonesia yang dirasakan putri dan pangeran mereka selama berada di sini, kami juga berharap ada potensi lain semisal bisnis dan investasi lain yang akan terealisir,” tutur Jenny.

Senada dengan Helen, Hans Huang juga mengatakan kehadiran pasangan kerajaan ini diharap mampu meningkatkan hubungan baik antara kedua negara dan ke depannya akan terjalin relasi bisnis dan ekonomi. “Kehadiran pasangan dari Georgia ini kami harap bisa meningkatkan citra baik Bali di mata negara mereka sehingga akan lebih banyak dan makin beragam lagi para turis mancanegara yang mengagumi keindahan Bali. Mereka juga mengungkapkan bahwa potensi pariwisata Indonesia khususnya Bali memang sangat tinggi ” ujar Hans.

Acara makan malam spesial ini dibuka dengan alunan musik Bali dan pengalungan bunga oleh pemilik dari Pure Villa. “Tujuan dari acara spesial ini adalah untuk merayakan kehadiran dari The Royal Highnesses of Georgia di Bali dan untuk mengabadikannya, kami juga menyiapkan acara khusus berupa penandatanganan batu prasasti oleh mereka,” kata Noviana C. Dewi, Manajer Pure Villa.

Selama liburannya di Bali pasangan kerajaan ini berkesempatan mengunjungi beberapa tempat wisata di Bali, di antaranya adalah Ubud, Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, dan Uluwatu. Selama di Bali pasangan kerajaan ini mengaku sangat terkesan dengan keramahtamahan warga Bali dan keindahan Pulau Dewata serta beragam seni budaya yang ada.

“Dengan keberadaan mereka yang baru pertama kali melihat Indonesia khususnya Bali, mereka jadi tahu banyak sekali potensi di Indonesia yang bisa dikembangkan yang ke depannya bukan tidak mungkin akan membuka jalan buat berinvestasi,” imbuh Hans.

Georgia merupakan negara di bagian Eropa Timur, terletak di dekat Rusia, Turki, Armenia, dan Azerbaijan. Sebelumnya, Georgia merupakan bagian dari Uni Soviet, namun sekarang berdiri sebagai negara republik.