Pelaku MICE dan Event Bali Bentuk Bali MICE Forum

Wednesday, 14 October 20 Harry Purnama
Bali MICE Forum

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia mendorong empat asosiasi MICE dan event di Bali, yaitu DPD ASPERAPI Bali, DPD IVENDO Bali, DPD INCCA Bali, dan SIPCO Bali didukung oleh Bali Tourism Board dan BaliCEB menyatukan kekuatan. Keempat asosiasi tersebut sepakat membentuk sebuah wadah, yaitu Bali MICE Forum, yang dituangkan dalam sebuah deklarasi dan penandatanganan kesepakatan di ruang pertemuan Bali Tourism Board, 13 Oktober 2020.

Penandatanganan tersebut disaksikan oleh perwakilan dewan penasihat, yaitu Ketua Bali Tourism Board IB Partha Adnyana, Kepala Bank Indonesia Kpw Bali Trisno Nugroho, serta CEO BaliCEB Levi Lantu.

Adapun visi dan misi Bali MICE Forum antara lain:

  1. Menjadi induk yang berperan sebagai forum komunikasi pemersatu semua asosiasi terkait MICE dan Event yang berada di Bali.
  2. Sebagai partner atau mitra pemerintah daerah dalam pengembangan MICE dan event untuk mendukung pertumbuhan pariwisata daerah Bali.
  3. Sebagai asosiasi yang mendorong serta memampukan anggotanya dan sektor lainnya dalam industri MICE dan event untuk meningkatkan daya saing untuk mewujudkan Bali sebagai destinasi unggulan di bidang  MICE dan Event di Indonesia dan dunia yang memiliki sumber daya manusia dan infrastruktur pendukung yang berkualitas serta memiliki daya saing.
  4. Sebagai wadah yang menjalin hubungan kerja sama antar-asosiasi MICE dan event, pemerintah, serta pihak-pihak terkait lainnya baik di Bali maupun di luar Bali.
  5. Menjadi satu tujuan akses informasi terkait MICE dan event di Bali.

Pada deklarasi tersebut juga dibentuk Dewan Executive Board Bali MICE Forum, yaitu:

Pelindung: Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati  (Wakil Gubernur Bali)

Penasehat: 1. IB Partha Adnyana (Ketua Bali Tourism Board)

2. Trisno Nugroho (Kepala BI KPw Bali)

3. Levie Lantu (CEO BaliCEB)

4. Ida Bagus Surakusuma (Pendiri INCCA Bali)

5. Putu Juarez Robin Putra (Pendiri SIPCO Bali)

6. Ketut Jaman (Praktisi MICE)

Ketua               : Putu Gede Wiwin Gunawasika

Wakil Ketua 1  : Nyoman Frederik Tri Kusuma

Wakil Ketua 2  : I Gusti Djelantik

Sekretaris        : Grace Jeanie AW

Bendahara       : Made Erika Sedana

“Sebenarnya keinginan ini sudah cukup lama, namun faktor pandemi ini sebagai pendorong percepatan pembentukan. Akhirnya bulan April 2020 lalu, empat asosiasi di bidang MICE dan event di Bali, yaitu DPD ASPERAPI Bali, DPD INCCA BALI, DPD IVENDO Bali, dan SIPCO Bali bersama Bali Tourism Board serta BaliCEB akhirnya bertemu dan bersepakat bahwa sudah saatnya semua asosiasi MICE dan Event di Bali bersatu dan bergerak bersama. Sehingga bisa menjadi kekuatan bersama untuk mendukung, membangun dan mendorong pertumbuhan pariwisata Bali melalui bidang MICE dan Event di Bali,” ujar IB Partha Adnyana.

Menurut IB Partha Adnyana, saat ini pemerintah terus mendorong roda ekonomi bisa kembali bergerak di era adaptasi kebiasaan baru, salah satunya melalui penyelenggaraan MICE serta special event karena industri MICE dan event memegang peranan penting dalam meningkatkan pendapatan Bali.

“Jadi, dengan adanya BMF ini, semoga industri MICE dan event di Bali makin solid dan kuat serta bisa ambil bagian dalam percepatan pemulihan pariwisata Bali,” tutur IB Partha Adnyana.