Pemkot Bogor Gandeng Panorama Group dan PNJ Kembangkan Desa Wisata Pulo Geulis

Thursday, 09 May 19   62 Views   0 Comments   Herry Drajat
Desa Wisata Pulo Geulis

Kota Bogor masih menyimpan berbagai destinasi wisata unik yang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat, salah satunya adalah Pulo Geulis. Desa wisata yang terletak di tengah aliran sungai Ciliwung ini menyimpan berbagai keunikan untuk dieksplorasi.

Desa Wisata yang berlokasi tak jauh dari Kebun Raya Bogor, Tugu Kujang, dan jalan Surya Kencana ini merupakan tempat keberadaan kelenteng tertua di Bogor, yakni Pan Kho Bio. Pada kondisi umum, kelenteng memang merupakan rumah ibadah umat Buddha. Namun, menariknya, Pan Kho Bio juga sering digunakan oleh umat Muslim untuk menunaikan ibadah salat di salah satu ruangan di dalamnya.

Di Pulo Geulis terdapat mural-mural yang bertebaran penuh warna di tembok-tembok permukiman warga. Lukisan mural hasil kreativitas warga menceritakan sejarah awal terbentuknya Pulo Geulis.

Pemerintah Kota Bogor saat ini telah menetapkan Pulo Geulis sebagai Kampung Tematik Wisata karena keunikan-keunikan yang ada serta beberapa pertimbangan lain, di antaranya adalah lokasinya yang berdekatan dengan kawasan Suryakancana yang dikenal sebagai kawasan kuliner kota Bogor. Bersamaan dengan itu, Pemkot Bogor kini tengah fokus pada penataan daerah aliran sungai di sekitar kota, termasuk daerah aliran sungai Ciliwung.

Untuk menata Kampung Wisata Pulo Geulis, Pemda Bogor menggandeng Panorama Group dan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Penandatanganan kerja sama dilaksanakan pada tanggal 7 Mei 2019.

Wali Kota Bogor Bima Arya dan Direktur PNJ Abdillah juga menyatakan dukungannya atas kerja sama ini, dengan tujuan agar sumber daya setempat dapat terbangun dengan baik. Optimisme meningkatkan potensi wisata Pulo Geulis ditunjang oleh lokasinya yang strategis dan berada di pusat kota sehingga Pulo Geulis diharap mampu untuk menjadi magnet wisata baru di daerah Bogor dan menjadi contoh bagi kawasan potensial lainnya untuk membantu pertumbuhan pariwisata Indonesia.  

Budi Tirtawisata, CEO Panorama Group, mengatakan, “Kami melihat Pulo Geulis memiliki potensi untuk tumbuh menjadi salah satu desa wisata unggulan di Bogor ke depannya. Dukungan dari pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat itu sendiri merupakan kunci dari kesuksesan perkembangan wisata kampung tematik ini.”