Pemulihan Bisnis Hotel Tunggu Vaksinasi

Tuesday, 12 January 21 Bonita Ningsih
Shangri-La Singapura

Berdasarkan data dari Colliers International Indonesia, pada tahun 2020 ada empat hotel yang dibuka, yakni dua di Jakarta, serta satu di Surabaya dan satu di Bali.

Ferry Salanto, Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia, mengatakan, “Pandemi ini membuat aktivitas seseorang dibatasi dan juga bisnis dibatasi sehingga okupansi hotel juga turun drastis. Oleh sebabnya, tahun 2020 ini tidak banyak hotel yang dibuka karena sektor ini terdampak paling besar selama pandemi.”

Ferry juga memproyeksikan bahwa sektor perhotelan akan kembali bangkit jika pemerintah Indonesia dapat mengatasi kasus COVID-19 secara baik. Salah satu hal yang dapat dilakukan seluruh pelaku industri ialah menunggu kehadiran vaksin COVID-19.

“Saat ini memang sudah ada tanda-tanda vaksin mau diberikan, tetapi kita masih harus lihat lagi bagaimana prosesnya. Apakah vaksin itu bisa efektif dalam menekan laju pertumbuhan COVID-19 atau tidak,” jelasnya lagi.

Jika nantinya vaksin sudah terbukti efektif, Ferry meminta agar pemerintah dapat segera mendistribusikan vaksin tersebut secara merata kepada masyarakat Indonesia. Pasalnya, pemberian vaksin dapat memberikan angin segar kepada pelaku industri, khususnya perhotelan dalam menjalani bisnis ke depan.

“Dengan vaksin, kemungkinan besar pergerakan manusia akan normal lagi dan industri pariwisata segera pulih. Dengan demikian, ekonomi negara juga pasti akan tumbuh dan bergerak,” Ferry menambahkan.