Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama Tutup Usia

Wednesday, 09 September 20 Harry Purnama

Menjelang ulang tahunnya yang ke-89 pada 27 September 2020, pendiri Kompas Gramedia sekaligus Pemimpin Umum Harian Kompas Jakob Oetama telah dipanggil oleh Yang Maha Kuasa pada Rabu, 9 September 2020 pukul 13:05 WIB di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta dalam usia 88 tahun.

Almarhum disemayamkan di Kantor Kompas Gramedia Palmerah Selatan dan akan diantarkan menuju tempat peristirahatan terakhir di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Kamis, 10 September 2020.

Jakob Oetama lahir pada 27 September 1931 di Desa Jowahan, Borobudur, Jawa Tengah. Almarhum mengawali kariernya pertama kali menjadi seorang guru. Namun, Jakob bersama rekannya PK Ojong kemudian memilih jalan sebagai wartawan hingga kemudian mendirikan Intisari yang merupakan cikal-bakal jaringan media terbesar di Indonesia, yakni Kompas Gramedia, pada tahun 1963.

Terkait penerapan protokol kesehatan selama situasi pandemi, karyawan maupun purnakaryawan yang hendak menyampaikan penghormatan terakhir kepada Bapak Jakob Oetama dapat mengikuti prosesi persemayaman dan pemakaman secara daring melalui tautan www.kompas.tv/live.

Selamat jalan, Bapak Jakob Oetama!