Sandiaga Uno Minta Kartu Vaksinasi Sebagai Syarat Kegiatan Parekraf

Tuesday, 03 August 21 Bonita Ningsih

Pemerintah terus berupaya untuk melakukan hal terbaik dalam mengatasi kasus penyebaran COVID-19 di Indonesia. Selain melakukan pembatasan sosial, program vaksinasi juga menjadi fokus utama yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi penyebaran COVID-19.

 “Meskipun kasus sudah mulai menurun, tetapi, kita harus tetap melakukan pengetatan dalam setiap aktivitas ke depannya. Saat ini, kita sedang mulai menyiapkan semuanya,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Menurutnya, program vaksinasi COVID-19 yang tengah dijalankan menjadi salah satu poin penting untuk mengatasi kasus ini. Semakin banyak masyarakat yang divaksinasi, maka, dapat mempercepat herd immunity atau kekebalan komunal di lingkungan sekitar.

BACA JUGA:   Indonesia Menangi Tiga Kategori Penghargaan ASEANTA Awards 2017

“Berdasarkan data dari otoritas kesehatan yang kami gunakan sebagai referensi, masyarakat yang sudah divaksinasi akan 25 kali lebih baik ketimbang yang belum divaksin. Jadi, kalau seandainya kita terpapar COVID-19 setelah di vaksin, maka gejalanya akan cenderung ringan atau tanpa gejala sama sekali,” jelas Sandiaga.

Oleh sebab itu, Sandiaga, akan membuat aturan baru berkaitan dengan vaksinasi dan sektor parekraf. Kemenparekraf meminta agar kepemilikan kartu vaksinasi sebagai syarat utama dalam menjalankan setiap kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kami ingin penggunaan vaksinasi sebagai syarat dari kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif. Para pelaku parekraf harus menyiapkan kartu vaksinasi berbasis aplikasi, teknologi, atau digitalisasi saat ingin melakukan pekerjaannya,” jelasnya.

BACA JUGA:   Pesepeda Lipat Tujuh Negara Bantu Pemulihan Pariwisata Bali

Dalam hal ini, Sandiaga, akan mengajak pemerintah daerah (pemda) untuk berpartisipasi aktif dalam menjalankan aturan ini. Menurutnya, koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah akan menjadi kunci utama dalam mengatasi kasus COVID-19 di Indonesia.

“Aturan ini sudah mulai disosialisasikan di Jakarta dan saya harap semua pelaku usaha yang terlibat di dalamnya dalam menyambut dengan baik. Semakin banyak yang divaksinasi, kita harap dapat melonggarkan PPKM Level 4 ini,” ucapnya lagi.

Saat ini, Kemenparekraf, telah menyiapkan beberapa sentra vaksinasi yang dapat dikunjungi oleh pelaku parekraf dan juga masyarakat umum. Sentra vaksinasi dapat ditemui di 6 perguruan tinggi negeri pariwisata dan beberapa destinasi wisata Indonesia.

BACA JUGA:   Ekshibitor Asing Wajib Menggunakan Visa Kerja

“Kita semua akan terus all out untuk mencapai target dua juta vaksinasi per hari sesuai arahan Pak Presiden (Joko Widodo). Sentra vaksinasi ini akan membantu kita untuk mewujudkan itu semua,”