Peran PaperOne dalam Mendukung Lingkungan yang Berkelanjutan

Thursday, 02 November 23 Harry

Sebuah riset yang dilakukan oleh World Wildlife Fund (WWF) pada tahun 2022 menunjukkan bahwa konsumsi kertas global meningkat sebesar 2,6% per tahun. Konsumsi kertas di Indonesia juga meningkat sebesar 2,1% per tahun. Survei yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun 2022 menunjukkan bahwa 80% dari kertas yang digunakan di Indonesia berasal dari bahan baku kayu.

Berdasarkan hasil riset tersebut, dapat dikatakan bahwa kertas merupakan salah satu benda yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kertas dapat ditemukan di mana-mana, mulai dari rumah, sekolah, kantor, hingga tempat-tempat umum. Kertas memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, baik dalam aspek pendidikan, ekonomi, maupun sosial.

  • Manfaat Kertas dalam Pendidikan

Kertas merupakan media utama untuk belajar dan mengajar. Buku, modul, dan kertas tulis merupakan perlengkapan yang tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan. Kertas digunakan untuk mencatat materi pelajaran, mengerjakan tugas, dan membuat laporan. Kertas juga digunakan untuk mencetak buku teks, modul, dan bahan ajar lainnya.

  • Manfaat Kertas dalam Ekonomi

Kertas merupakan bahan baku penting bagi berbagai industri, seperti industri percetakan, industri kemasan, dan industri tekstil. Kertas digunakan untuk mencetak buku, majalah, koran, dan dokumen lainnya. Kertas juga digunakan untuk membungkus makanan, minuman, dan barang-barang lainnya. Kertas juga digunakan untuk membuat pakaian dan kain.

  • Manfaat Kertas dalam Sosial

Kertas digunakan untuk menyebarkan informasi dan komunikasi. Koran, majalah, dan buku merupakan media informasi yang penting bagi masyarakat. Kertas juga digunakan untuk menulis surat, kartu ucapan, dan dokumen lainnya. Kertas juga digunakan untuk membuat karya seni dan kerajinan.

Kertas Berkualitas dan Ramah Lingkungan

BACA JUGA:   Kemenparekraf Buat Strategi Pemulihan MICE

Mengingat pentingnya kertas dalam kehidupan sehari-hari, PaperOne sebagai perusahaan pulp dan kertas terbesar di Indonesia berkomitmen untuk menghasilkan kertas yang berkualitas tinggi tapi tetap ramah lingkungan. Untuk itu, sejumlah upaya dilakukan PaperOne untuk menghasilkan kertas yang memiliki dampak serendah mungkin terhadap lingkungan, antara lain:

  • PaperOne menggunakan bahan baku yang berasal dari Hutan Tanaman Industri (HTI) yang dikelola secara berkelanjutan. Hutan Tanaman Industri merupakan hutan yang ditanam dan dikelola untuk menghasilkan kayu secara berkelanjutan. Hutan Tanaman Industri juga dikelola dengan memerhatikan aspek ekologi, sosial, dan ekonomi.
  • PaperOne menerapkan proses produksi sirkuler, yakni bahan-bahan yang telah terpakai diolah kembali demi mengurangi limbah. Gas berlebih dari proses pembuatan kertas juga dikumpulkan untuk menghasilkan metanol, yaitu sumber energi terbarukan yang digunakan sebagai bahan bakar pabrik kertas.
  • Menggunakan proses produksi yang hemat energi dan air. PaperOne telah menerapkan berbagai teknologi untuk mengurangi konsumsi energi dan air dalam proses produksi kertas.
  • Mengolah limbah cair dan padat secara aman. PaperOne memiliki instalasi pengolahan limbah cair dan padat yang memenuhi standar nasional dan internasional.
Fire Free Village Program PaperOne
Fire Free Village Program

“Kami percaya bahwa prinsip-prinsip Pengelolaan Hutan Berkelanjutan adalah bagian penting dari solusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan dan memberi manfaat sosial dalam jangka panjang bagi bangsa Indonesia. Momen 25 tahun PaperOne ini semakin memantapkan komitmen kami untuk menghasilkan kertas berkualitas tinggi dengan dampak serendah mungkin pada lingkungan,” ujar Sihol Aritonang, Direktur Utama PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), unit operasional APRIL Group.

25 Tahun PaperOne

PaperOne merupakan unit usaha Grup APRIL yang diluncurkan pada 1998. PaperOne telah menjadi produk kertas unggulan untuk kebutuhan cetak rumahan, kantor, dan niaga. Bahkan, produk PaperOne telah diekspor ke lebih dari 110 negara. Di usia yang ke-25 ini, PaperOne tak henti untuk menggaungkan gerakan ramah lingkungan kepada masyarakat.

BACA JUGA:   KidZania Singapura Membuka Pintu untuk Kegiatan MICE

Hal tersebut terbukti dari komitmen PaperOne untuk mendukung berbagai program konservasi lingkungan, seperti restorasi ekosistem gambut dan penanaman pohon. Selain itu, PaperOne juga mendukung program-program yang bertujuan untuk menjaga kelestarian hutan dan lingkungan yang merupakan wujud komitmen perusahaan untuk menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan.

Berikut adalah beberapa contoh konkret dari upaya PaperOne dalam mendukung lingkungan yang berkelanjutan:

  • PaperOne meluncurkan program APRIL2030, di antaranya inisiasi penanaman lebih dari 150 juta pohon per tahun, melestarikan lebih dari 250.000 Hutan Bernilai Konservasi Tinggi, serta restorasi ekosistem hutan seluas 150.000 hektare.
  • Sejak 2014, Grup APRIL meluncurkan Program Desa Bebas Api (Fire Free Village Program/FFVP) dalam mengedukasi dan meningkatkan kesadaran mengenai praktik pengelolaan kehutanan yang bertanggung jawab di desa-desa setempat.
  • Membangun instalasi panel surya berdaya 20 megawatt di Pangkalan Kerinci, Riau. Panel surya ini merupakan salah satu upaya menuju net zero emission.
  • Pada tahun 2022, PaperOne berhasil mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 10% dibandingkan tahun sebelumnya.
  • Pada tahun 2023, PaperOne berhasil menghemat konsumsi air sebesar 5% dibandingkan tahun sebelumnya.
  • Pada tahun 2022, PaperOne berhasil mengolah 99% limbah cair dan padat secara aman.
  • Pada tahun 2023, PaperOne telah menanam lebih dari 1 juta pohon di Indonesia.
Panel Surya APRIL di Pangkalan Kerinci Riau
Panel Surya APRIL di Pangkalan Kerinci, Riau

Dengan upaya yang telah dilakukan selama ini untuk menciptakan lingkungan yang berkelanjutan, PaperOne telah berhasil mendapatkan penghargaan dari berbagai pihak, seperti Penghargaan Bisnis Berkelanjutan (Indonesia) dan The Responsible Business Award (Singapura). Selain itu, PaperOne juga berhasil menerima tiga sertifikasi keberlanjutan, yaitu:

BACA JUGA:   Jakarta Tahan Penurunan Kunjungan Wisman dengan MICE

Sertifikasi PEFC

Sertifikasi PEFC (Programme for the Endorsement of Forest Certification) merupakan sertifikasi internasional yang menjamin bahwa kayu dan produk kayu berasal dari hutan yang dikelola secara berkelanjutan.

Sertifikasi EU Ecolabel

Sertifikasi EU Ecolabel merupakan sertifikasi dari Uni Eropa yang diberikan kepada produk yang memenuhi kriteria lingkungan, termasuk penggunaan bahan baku yang berkelanjutan.

Sertifikasi Singapore Green Label

Sertifikasi Singapore Green Label merupakan sertifikasi dari Singapura yang diberikan kepada produk yang memenuhi kriteria lingkungan, termasuk penggunaan bahan baku yang berkelanjutan.

Sumbangsih PaperOne juga diwujudkan melalui Paper Once More, yaitu program gerakan peduli lingkungan berupa daur ulang kertas untuk mewujudkan ekonomi sirkular.

Selain itu, dalam rangka merayakan ulang tahun yang ke-25, PaperOne bekerja sama dengan PT Datascrip selaku distributor PaperOne mengadakan program donasi untuk mendukung dunia pendidikan di Indonesia. Dari Program Sumbangsih 25 tahun PaperOne – Datascrip ini, sebagian keuntungan dari penjualan produk PaperOne selama periode Oktober-November 2023 akan didonasikan ke sekolah-sekolah yang membutuhkan untuk mendukung pendidikan generasi penerus bangsa.

“Kami merasa bangga menjadi bagian PaperOne sebagai distributor yang telah berkiprah sejak 25 tahun yang lalu. Selain menghadirkan produk kertas kualitas premium, PaperOne sebagai brand kertas kelas dunia juga memberikan sumbangsih kepada negara dengan memberikan dampak positif bagi alam, iklim, serta pengembangan masyarakat,” ujar Sylvia Lionggosari, Direktur Bisnis Unit PT Datascrip.