Sandiaga Uno Harapkan Bandara Baru Sam Ratulangi Miliki Creative Hub

Friday, 05 March 21 Harry

Proyek perluasan Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I pada awal Maret 2021 telah mencapai 80 persen.

Pada 5 Maret 2021, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meninjau proyek perluasan bandara Sam Ratulangi ini.

Bandara baru ini akan berkonsep lebih modern dengan tetap menonjolkan unsur daerah setempat.

Minggus E.T Gandeguai, General Manager Angkasa Pura I, mengatakan, progres perluasan bandara ini telah mencapai 80 persen.

“Kapasitas awal bandara ini 2,5 juta penumpang per tahun, dan setelah perluasan akan menjadi 5,3 juta penumpang dengan luas akhir 57.296 meter persegi, dari awalnya hanya 26.481 meter persegi. Targetnya harus jadi tahun ini,” ujar Minggus.

BACA JUGA:   Melalui Fashion, Bibit dan Antidot Ajak Generasi Muda Mulai Berinvestasi

Ugik Sugiarta, Project Manager Adhi Karya, menambahkan, proyek perluasan bandara ini dimulai pada bulan Februari 2020.

Sandiaga Uno mengatakan, “Saya ingin memberi harapan bahwa pandemi akan segera berlalu. Yang penting sekarang kita jaga 3M dulu. Setelah COVID selesai dan bandara rampung, mudah-mudahan Sulawesi Utara akan kembali bergerak lagi.”

Dengan adanya perluasan bandara ini, Sandiaga berharap akan menjadi momentum perbaikan ekonomi di Sulawesi Utara, dan menjadi tonggak untuk bangkit kembali.

BACA JUGA:   Pariwisata Sebagai Pendorong Pertumbuhan Ekonomi

“Kita akan bekerja dengan 3G, yaitu. Gercep, Geber, dan Gaspol untuk bertahan dan bangkit,” ujar Sandiaga.

Sandiaga juga mengusulkan agar di bandara Sam Ratulangi dibuat sebuah creative hub yang bertujuan memberikan etalase bagi UMKM dan pelaku ekonomi kreatif di Sulawesi Utara.

“Creative hub tersebut juga akan membuka peluang mereka untuk meningkatkan dan memperluas pasar. Produk-produk yang ditampilkan juga harus dikurasi dulu,” ujar Sandiaga. “Kita juga akan jalankan digitalisasinya sehingga produk mereka tidak hanya ditampilkan di sini, tapi juga masuk di marketplace.”