Sarawak Garap Corporate Meeting dan Incentive Travel pada 2021

Tuesday, 15 September 20 Bayu Hari
Sarawak Business Event

Datuk Karim Rahman Hamzah, Minister of Tourism, Arts and Culture Serawak mengatakan segmen corporate meeting dan incentive travel akan menjadi fokus utama pengembangan business event di Sarawak. Terhitung dari 2006 hingga saat ini, business event di Sarawak memberikan dampak ekonomi RM1,6 bilion atau sekitar Rp5,6 triliun.

Saat ini segmen convention masih mendominasi sekitar 80 persen industri business event di Sarawak. Pada 2019, Sarawak telah berhasil memenang banyak bidding, dengan tingkat keberhasilan rerata 94 persen. Adapun totalnya berjumlah 99 event dengan total pendapatan dari pengeluaran para delegasi sebesar RM122,71 juta.

“Segmen corporate meeting dan inventive travel ini diharapkan meningkat sebesar 20 persen dalam 5 tahun mendatang. Ini sesuai dengan program Sarawak Economic Action Council (SEAC), kata Datuk Karim.

Lebih lanjut ia menjelaskan segmen corporate meeting dan incentive travel terbukti lebih imun dari pembatalan acara, terkait dampak dari pandemi COVID 19. Tercatat 95 persen dari acara tersebut masih berjalan sesuai rencana, dan hanya tiga acara yang dibatalkan. Sementara itu, terdata ada 88 acara yang berhasil didapatkan oleh Sarawak untuk periode 2020-2022.