STP Bali Internasional Menangi Kompetisi MICE Destination Marketing Contest

Monday, 15 October 18 Nila Sofianty
STP Bali

SDM industri pariwisata Indonesia, khususnya Bali, kembali menunjukkan kebolehannya di ajang internasional dan berhasil membuktikan diri mampu berdiri sejajar, bahkan bisa mengungguli SDM luar negeri, sehingga mampu bersaing di era pasar global. Hal itu dibuktikan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional (STPBI) yang meraih juara pertama dalam kategori “English Presentation Contest” dan juga meraih “Honorary Mention Booth Marketing Presentation Award” di ajang MICE Destination Marketing Contest.

Kompetisi MICE Destination Marketing Contest diselenggarakan di Taipei, Taiwan, pada 19-21 September 2018. Indonesia diwakili oleh mahasiswa dari Sekolah Tinggi Pariwisata Bali. Ajang ini juga diikuti oleh mahasiswa dari 19 negara, di antaranya dari Singapura, Malaysia, Thailand, Jepang, Cina, Australia, India, Taiwan, dan Jerman.

Mengangkat tema “Bali Touch Your Soul”, perwakilan Indonesia tampil memukau mempresentasikan Bali sebagai destinasi terbaik untuk kegiatan MICE, di mana panitia MICE Destination Marketing Contest menentukan tema tahun ini adalah “Bidding for PATA Annual Summit Meeting”.

Ajang kompetisi MICE Destination Marketing Contest diselenggarakan oleh TAITRA sejak 2009, dan ini merupakan kali keempat Indonesia mengirimkan perwakilannya yang diprakarsai oleh Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI). Kompetisi ini menggabungkan marketing presentation dan booth marketing presentation, di mana para peserta harus mengusulkan rencana dan strategi pemasaran destinasi MICE dan memamerkan ide tersebut di stan pameran.

Para peserta didorong untuk menggunakan pengetahuan, keterampilan, dan kreativitas industri MICE untuk memasarkan kota mereka. Para peserta dapat memperoleh manfaat dari pertukaran lintas-negara dan mendapatkan banyak pengalaman praktis dalam kompetisi ini.

Adapun tim Indonesia terdiri dari Agung Mandala Putra, Georgius Roysandi Yogatama, Ni Putu Eka Juliantari, Ni Made Meiyanti Lestari, dan Putu Gede Wiwin Gunawasika yang juga Ketua DPD Asperapi Bali sekaligus dosen dan pemimpin rombongan.

“Keikutsertaan tim Indonesia di ajang kompetisi tingkat internasional ini memberikan manfaat yang sangat luas untuk kemajuan MICE di Indonesia, khususnya di Bali,” ujar Wiwin.

Wiwin menambahkan, ajang itu juga membawa dampak positif bagi generasi muda calon pemain MICE yang siap untuk berkompetisi di pasar global nantinya. Hal ini juga sejalan dengan program Gubernur Bali dalam hal pembinaan dan pengembangan SDM, terutama generasi muda Bali.

“Semoga tahun depan Pemerintah Daerah Badung, Bali, dan pemerintah pusat berkenan mendukung keberangkatan tim ini sehingga mereka bisa tampil lebih maksimal lagi,” ujar Wiwin.