Wishnutama Bicarakan Ekonomi Kreatif di Rapat Kerja Kemendag

Friday, 06 March 20 Herry Drajat

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio hadir dalam Rapat Kerja Kemendag Tahun 2020. Rapat Kerja yang diselenggarakan pada 4-5 Maret 2020 di Hotel Borobudur, Jakarta, ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Acara yang bertemakan “Akselerasi Peningkatan Ekspor dan Penguatan Pasar Dalam Negeri Menuju Indonesia Maju” ini dihadiri 450 peserta yang terdiri Pejabat Eselon I, II, jajaran Kemendag, perwakilan perdagangan di luar negeri, kepala dinas provinsi yang membidangi perdagangan, serta asosiasi dan pelaku usaha.

BACA JUGA:   Indonesia, Destinasi Terbaik di Asia Pasifik Tahun Ini

Wishnutama memaparkan tema “Kontribusi UMKM dalam Pengembangan Pariwisata Nasional”. Menurutnya, keberhasilan ekonomi kreatif adalah apabila ekosistemnya secara utuh dikuasai dan dimonetisasi oleh bangsa sendiri, bukan oleh bangsa lain.

Lebih lanjut Wishnutama menjelaskan, untuk menghadapi tantangan dalam mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif, para pelaku usaha harus mempersiapkan ekosistem yang kondusif agar produk yang dihasilkan kompetitif, baik di lingkup nasional maupun internasional.

BACA JUGA:   Tiga Paling Gayeng di MBtech Awards Semarang 2019

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Kementerian Perdagangan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tentang pemberdayaan UMKM.