Yamaha Luncurkan Lini Unified Communications Untuk Solusi Audio Yang Lengkap

Thursday, 08 December 22 Harry
Unified Communications

Pada hari ini, 8 Desember 2022, Yamaha secara resmi memperkenalkan lini produk Yamaha Unified Communications di Indonesia. Yamaha Unified Communications merupakan solusi komunikasi suara untuk mendukung kebutuhan pertemuan, presentasi, dan konferensi di gedung perkantoran, pusat pendidikan, ruang pertemuan, dan tempat-tempat lainnya.

Kenichi Hiwasa, General Manager Audio Group PT Yamaha Musik Indonesia Distributor, mengatakan, “Yamaha adalah perusahaan yang sangat terkait dengan instrumen musikal, dan juga merupakan leading audio product company, dari profesional audio hingga personal audio untuk di rumah. Yamaha adalah perusahaan music and sound. Kami punya komitmen kuat untuk menghadirkan kualitas terbaik untuk sound dan musik, baik untuk personal maupun profesional.”

Kenichi menambahkan, dengan adanya produk Unified Communications ini akan menambah lebih banyak variasi dan kemungkinan untuk mengadakan telekonferensi dan remote communication dengan orang lain.

“Kami sangat happy dapat meluncurkan produk Unified Communications ini di Indonesia karena kami telah menerima banyak permintaan ini dari customer kami,” ujar Kenichi.

Ada dua jenis produk dalam lini Unified Communications ini, yaitu solusi “Plug and Play” dan solusi “Installed”. Untuk solusi Plug And Play terdiri atas tiga jenis produk speakerphone, yaitu YVC-200, YVC-330, dan YVC-1000.

BACA JUGA:   Revitalisasi Pariwisata Dimulai Dari Toilet

Adapun konsep dari solusi Plug and Play ini adalah “Hear Every Word” dan “Convenience to Use”. Artinya, suara yang dihasilkan dari produk-produk YVC-200, YVC-330, dan YVC-1000 menghasilkan suara yang jernih serta dapat dengan mudah beradaptasi dengan tempat mengadakan meeting. Selain itu, ketiga produk tersebut juga fleksibel untuk beradaptasi dengan kapasitas yang berbeda dan luas area meeting, mudah dihubungkan ke berbagai host device, dan mudah dihubungkan ke external device.

YVC-200 merupakan model yang paling ringkas yang dibuat untuk kebutuhan meeting personal hingga 3 orang peserta dalam 1 ruangan. Karena memiliki baterai internal dan ukuran yang ringkas, YVC-200 dapat ditempatkan di dalam tas bisa digunakan di mana saja.

YVC-330 adalah speakerphone USB dan Bluetooth untuk ruang kerja terbuka dan ruang konferensi berukuran kecil hingga sedang. Produk ini mampu mengakomodir hingga 6 orang, dan dapat dihubungkan secara daisy-chain dengan unit kedua agar dapat mengakomodir hingga 10 orang dalam satu ruangan.

YVC-330 juga dilengkapi dengan mode SoundCap, yakni produk ini dapat mengubah ruang meeting yang tenang atau ruang meeting yang bising menjadi tempat melakukan komunikasi jarak jauh yang nyaman dan kondusif. Teknologi SoundCap membuat percakapan menjadi nyaman di segala kondisi lingkungan.

BACA JUGA:   Bisnis Anjlok, Travel Agent di Riau Diminta Kembalikan Uang Klien 100 Persen

Produk ini dilengkapi dengan 3 mikrofon unidirectional yang mampu secara otomatis melacak arah datangnya suara sehingga suara manusia menjadi lebih fokus dan jelas.

Sementara itu, YVC-1000 sangat cocok untuk ruang meeting besar hingga 40 orang. Produk ini terdiri dari unit mikrofon dan speaker terpisah sehingga audio dan video dapat diintegrasikan dengan mudah. Dengan teknologi adaptive echo canceler, komunikasi dua arah menjadi lebih mudah dan jelas.

YVC-1000 juga mendukung untuk dihubungkan dengan 5 mikrofon tambahan dan 2 speaker eksternal sehingga sangat cocok untuk kelas pendidikan jarak jauh tau seminar dengan kebutuhan penggunaan mikrofon handheld.

Sementara untuk solusi Installed tersedia ADECIA untuk kebutuhan instalasi di ruangan konferensi yang terdiri dari prosesor konferensi (RM-CR), ceiling array microphone (RM-CG), dan table top array microphone (RM-TT). Semua komponen dalam solusi ADECIA merupakan produk yang mendukung suplai daya melalui PoE+ (Power over Ethernet), yang artinya satu kabel ethernet sudah termasuk untuk menghidupkan, kontrol, sekaligus konektivitas audio. Selain itu, solusi ADECIA juga sudah kompatibel dengan protokol Dante Audio Networking.

BACA JUGA:   Qatar Airways Tambah Layanan Penerbangan Doha-Denpasar

ADECIA merupakan solusi all in one dari input hingga output untuk ruang konferensi berukuran medium.

RM-CR merupakan pemroses sinyal di inti ADECIA. Unit ini memiliki kemampuan melacak semua perangkat yang kompatibel yang dihubungkan di satu jaringan secara otomatis. Produk ini dilengkapi dengan fitur Auto Tuning dan Auto Mixer, serta memiliki fleksibilitas tinggi karena dilengkapi dengan berbagai koneksi input/output, seperti USB, VoIP, analog, dan Bluetooth.

RM-CG merupakan mikrofon yang dipasang di langit-langit dengan jangkauan hingga radius 4 meter. Produk ini dilengkapi dengan 4 beam otomatis yang akan mendeteksi arah datangnya suara secara otomatis.

Sementara itu, RM-TT merupakan mikrofon yang diletakkan di meja yang menyajikan suara nyaman walau tanpa melakukan pengaturan apa pun. Dengan teknologi auto-voice tracking, RM-TT dapat secara otomatis memilih mikrofon yang paling dekat dengan pembicara.