Ling Ling Restaurant, Meeting Berbalut Cita Rasa Shanghai

Thursday, 09 November 17   24 Views   0 Comments   Harry Purnama
Ling Ling Restaurant

Pada era 1920-an, industri modern berkembang pesat di Shanghai, Cina, yang sukses menggenjot pertumbuhan sektor keuangan dan perdagangan di Asia Timur. Kota berjuluk Paris dari Timur itu kemudian kebanjiran investasi dan disesaki pekerja asing. Tak heran, populasi Shanghai mencapai 3 juta jiwa hingga pertengahan 1930-an. Kehadiran warga asing, seperti Inggris dan Amerika Serikat, di Shanghai memberikan sentuhan klasik pada hunian dan gedung perkantoran. Sebut saja gedung Custom House yang dibangun ulang pada tahun 1927 dan mengadopsi gaya arsitektur neo-klasik.

Romantisme Eropa berpadu budaya Shanghai pada era 1920-an inilah yang kemudian diangkat Ling Ling Restaurant sebagai konsep restoran. Ling Ling bukanlah restoran pertama yang menawarkan konsep oriental kepada pengunjung. Namun, restoran satu ini berani tampil beda dengan memadukan konsep klasik Eropa dan Tiongkok di awal abad ke-20.

Nuansa oriental, menurut Jerry Kustiono, Operational Manager Ling Ling Restaurant, tampak pada penggunaan teko teh, guci, partisi bergaya Tiongkok kuno, hingga meja bulat berwarna hitam yang awam diaplikasikan di sejumlah Chinese restaurant. Sementara itu, tema klasik Eropa diaplikasikan melalui jam dinding antik, pagar teralis, area bar, wallpaper, hingga permainan lampu kristal yang menggantung pada langit-langit setinggi 2,5 meter.

“Guna mempertegas konsep restoran, kami bermain dengan unsur kayu pada furnitur dan dekorasi yang sebagian besar kami dapatkan dari dalam negeri,” kata Jerry.

Label Ling Ling pada restoran ini diadopsi dari nama seorang perempuan Tiongkok yang ingin  memperkenalkan tradisi kuliner keluarga kepada masyarakat. Tidak heran, restoran yang beroperasi sejak Februari 2015 ini menawarkan kuliner Kanton dan Hakka sebagai menu andalan.

Sebagai menu pembuka, pengunjung dapat menikmati Crispy Aromatic Duck yang disajikan bersama Mandarin Pancakes dan Hoisin Souce. Langkah pembuatan menu ini, menurut Jerry, diawali dengan membuat momo atau kulit yang diisi daging bebek dan dicampur dengan saus hoisin dan mentimun.

ling-ling resto

Untuk hidangan utama, restoran ini menawarkan Hakka-Style Poached Chicken, Garlic and Sesame Oil, Claypot Rice, Chinese Sausage, Chicken, dan Shiitake Mushroom. Sebagai pelengkap, Ling Ling Restaurant menawarkan 32 jenis dim sum yang disajikan bersama tiga jenis saus bercita rasa manis, pedas, dan gurih. Salah satu menu dim sum paling favorit yang disajikan Ling Ling Restaurant adalah Prawn and Beancurd Cheung Fan, di mana kulit pangsit diberi isian udang dan kembang tahu.

“Kami juga memiliki Chinese Chive and Prawn Dumpling, Chicken Feet in Chili Black Bean Sauce, Black Sesame Glutinous Rice Ball, dan Salt Egg Custard Glutinous Rice Ball. Untuk menjaga keautentikan rasa, kami memiliki koki lokal yang memang andal dalam menyajikan kuliner Tiongkok,” kata Jerry.

Untuk minuman, Ling Ling Restaurant menawarkan Orient Express sebagai signature di lini cocktail. Menu ini merupakan campuran Bacardi Light Rum dengan Myers’s Dark Rum, Bacardi 151, angostura bitters, anggur, blueberry, dan kayu manis. Apabila menginginkan rasa yang lebih ringan dan menyegarkan, Cucumber and Lime Iced Tea dapat menjadi pilihan.

Bagi penikmat teh, Ling Ling Restaurant menyediakan berbagai jenis teh yang didatangkan langsung dari Yunnan, Fujian, Zhejiang, dan Guandong. “Tidak hanya itu, kami juga menyediakan Teh Oolong dari Vietnam dan sake yang diimpor langsung dari Jepang,” imbuhnya.

Tak sekadar pengunjung reguler, restoran yang berlokasi di The East Mega Kuningan ini juga memanjakan kebutuhan para pebisnis. Ling Ling Restaurant menyediakan tiga ruang VIP berkapasitas 10-15 orang yang mengedepankan konsep Tiongkok klasik. Selain digunakan sebagai tempat pertemuan korporasi, restoran ini juga menjadi venue berbagai event.

“Belum lama ini Ling Ling Restaurant menjadi tempat fashion show Liason yang melibatkan 120 undangan. Restoran ini juga kerap menjadi tempat perayaan ulang tahun dengan daya tampung mencapai 140 orang,” imbuhnya.

Lokasi

Jl. Lingkar Mega Kuningan E-3.2/1

The East Building Ground Floor

Kuningan, Jakarta 12950

T: (021) 2554 2707-08

 

Kisaran harga

Rp40.000-Rp600.000

 

Jam operasional

Senin-Jumat 11.00-00.00 WIB

Sabtu-Minggu 11.00-02.00 WIB