7 Tips agar Sponsor Mau Kembali Bekerja Sama

Thursday, 30 November 17   34 Views   0 Comments   Harry Purnama

Sangat mudah membuat sponsor setuju akan suatu hal apabila dilakukan secara personal. Umumnya, para sponsor tidak akan meninggalkan event tanpa memberikan tanda tangan untuk menjadi sponsor kembali di acara tahun depan. Namun, bagaimana caranya agar hal itu menjadi kenyataan? Berikut ini adalah beberapa saran yang bisa dipertimbangkan.

  1. Mulai lebih awal

Memulai pendekatan lebih awal sangat penting agar para sponsor mau menandatangani kontrak saat event masih berlangsung. Jika event Anda berlangsung cukup lama, mulailah dengan mengumpulkan data mengenai reaksi pengunjung dan ROI bagi sponsor bahkan sebelum mereka datang ke lokasi acara. Lampirkan beberapa interaksi di media sosial yang juga me-mention sponsor sebelum acara, dan lanjutkan hal tersebut sepanjang acara.

Meskipun tujuan Anda adalah agar mereka mau menjadi sponsor di acara yang sama tahun depan, pastikan Anda tetap memerhatikan ROI setelah acara agar Anda punya alasan untuk menghubungi mereka kembali. Namun, yang terpenting adalah Anda mengetahui apakah orang yang ditemui saat di lokasi acara adalah orang yang tepat untuk mengambil keputusan dan memberikan tanda tangan.

  1. Tawarkan kontrak berjangka

Cobalah untuk memberikan kontrak kerja sama untuk dua tahun. Hal itu akan memberikan Anda waktu untuk menyusun ROI sebelum menawarkan perpanjangan kontrak.

  1. Beri diskon early-bird

Jika seseorang mau memberikan uang sponsor sebelum mereka meninggalkan lokasi event, ia sangat wajib diberikan insentif. Insentif ini bisa berupa diskon atau posisi iklan yang lebih strategis.

  1. Tunjukkan ROI

Sponsor pasti akan menghitung ROI versi mereka sendiri, tapi seorang penyelenggara acara dapat membantu mereka dengan menunjukkan hal-hal utama yang termasuk dalam kontrak agar terlihat lebih menonjol. Tetap catat interaksi di media sosial mengenai sponsor, serta media value dari para wartawan. Setelah Anda melakukan itu semua, tampilkan dengan cara yang sangat menarik agar sponsor merasa bahwa Anda benar-benar serius dalam menjalin kerja sama.

  1. Berikan value

Apabila Anda bisa memberikan akses kepada sponsor terhadap niche market yang mana tidak bisa diberikan oleh orang lain, mereka akan lebih mudah untuk memberikan tanda tangan kontrak untuk tahun depan. Tantangan terbesar Anda adalah memahami tantangan terbesar mereka dan mencari tahu apa solusinya.

  1. Berikan sesuatu yang nyata dan inovatif

Beberapa sponsor cukup senang dengan hal-hal konvensional yang selalu ditawarkan dalam kontrak. Namun, karena sponsor juga ingin mendapatkan exposure dan branding, memberikan cara sponsorship yang inovatif akan membuat mereka mau menandatangani kontrak kerja sama.

Alih-alih mengatakan “Kami bisa melakukan apa saja”, lebih baik Anda mengatakan “Kami berpikir akan melakukan video mapping pada tahun depan.” Sebab, untuk kalimat yang pertama, sponsor tidak melihat ada sesuatu yang nyata atau inovatif untuk dilakukan.

  1. Fleksibel terhadap uang

Kebanyakan perusahaan memulai tahun fiskalnya pada Januari, April, atau bulan lainnya. Meskipun sponsor mau memberikan tanda tangan pada saat acara berlangsung, bukan berarti uangnya langsung dicairkan saat itu juga. Karena itu, Anda harus bersabar untuk menanti uang tersebut.