Enam Cara Menghindari Kelebihan Tarif Bagasi Pesawat

Wednesday, 13 February 19 Bonita Ningsih

Kelebihan tarif bagasi dalam sebuah penerbangan memang merupakan suatu hal yang dihindari dalam berwisata. Apalagi, saat ini sudah ada kebijakan dari beberapa maskapai penerbangan untuk meniadakan fasilitas bagasi gratis bagi penumpangnya.

Kebijakan terbaru yang dibuat pada awal tahun 2019 ini mengharuskan penumpang untuk membawa barang bawaannya dengan berat maksimal 7 kg saja. Barang-barang tersebut harus dibawa ke dalam kabin sehingga penumpang tidak boleh membawa barang melebihi berat yang ditentukan. Kalaupun barang bawaan yang dibawa lebih dari 7 kg, penumpang harus mengeluarkan uang ekstra untuk membayar kelebihan tarif bagasi yang ditentukan setiap maskapai penerbangan.

Hal tersebut tentunya harus dihindari agar Anda tidak perlu membayar uang ekstra untuk kelebihan bagasi. Apalagi buat Anda yang ingin liburan murah, tentunya hal ini sangat dipikirkan secara matang. Nah, berikut ini adalah tips dari handluggageonly bagaimana caranya agar Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk kelebihan tarif bagasi di pesawat.

  1. Bersiaplah Untuk Mengenakan Pakaian Berlapis

Kemasi semua pakaian yang dibutuhkan ke dalam tas. Namun, saat ada pemeriksaan di bandara yang mengatakan barang bawaan Anda melebihi kapasitas dan dibebankan biaya bagasi, segera meminta izin ke kamar mandi. Ambil beberapa pakaian yang ada di tas, lalu kenakan beberapa lapis pakaian itu ke dalam tubuh. Tidak ada aturan yang melarang untuk mengenakan pakaian setebal mungkin kok, jadi cara ini bisa dilakukan agar terhindar dari biaya bagasi.

  1. Gunakan Ransel Pengganti Koper
BACA JUGA:   Memanfaatkan Media Sosial untuk Berpromosi

Staf maskapai penerbangan selalu berpikir bahwa ransel itu lebih ringan daripada koper. Menurut mereka, jika membawa koper saat bepergian, Anda dianggap membawa barang banyak sehingga membuat koper tersebut berat. Tanpa diisi barang banyak pun, material yang ada di koper akan lebih berat dibanding ransel. Selain itu, koper juga memerlukan tempat yang luas saat ditaruh di dalam pesawat. Tas ransel akan terlihat lebih fleksibel dan efektif jika Anda bawa dalam bepergian. Apalagi saat ingin melakukan liburan singkat, tas ransel sangat direkomendasikan untuk dibawa.

  1. Manfaatkan Saku Pakaian
BACA JUGA:   Cara Bertahan Hotel di Tengah Pandemi COVID-19

Masukkan beberapa benda yang sekiranya dapat ditaruh di dalam saku pakaian. Ini merupakan strategi yang bagus untuk mengurangi berat tas. Semakin banyak barang yang dimasukkan ke dalam saku, maka Anda tidak perlu khawatir akan disuruh membayar kelebihan tarif pada bagasi. Ini mungkin terlihat aneh saat Anda membawa banyak barang di dalam saku, tapi hingga saat ini belum ada kebijakan dari maskapai penerbangan mengenai berat barang bawaan yang ada di saku pakaian. Anda bisa memasukkan barang seperti parfum, ponsel, dompet, pakaian dalam, kamera, dan benda lainnya.

  1. Tinggalkan Barang Bawaan di Rumah

Barang-barang kebutuhan utama seperti peralatan mandi dan beberapa kaus lebih baik tidak usah dibawa. Barang-barang seperti itu ada baiknya dibeli di tempat tujuan agar tidak membebani isi tas. Ditambah dengan kebijakan maskapai penerbangan yang membatasi volume benda cair yang dibawa, jadi sudah sangat pas jika Anda membeli peralatan mandi di tempat tujuan.

Pemilihan pakaian yang dibawa juga perlu diperhatikan. Jika berencana liburan lebih lama, Anda tidak perlu membawa kaus terlalu banyak, sebab Anda bisa mencuci pakaian sendiri di sana atau mencari tahu tempat penatu terdekat.

  1. Check-in Lebih Awal
BACA JUGA:   Tips Menangani Barang Berbahaya Keperluan Pameran

Maskapai penerbangan lebih senang dengan orang-orang yang melakukan check-in lebih awal dibanding mereka yang datang terlambat. Dengan melakukan hal ini, Anda juga dapat menghindari proses penimbangan barang di konter check-in sehingga meminimalisir kemungkinan membawa barang bawaan berlebih.

  1. Jangan Beli Oleh-Oleh Terlalu Banyak

Saat berada di tempat tujuan berlibur, usahakan jangan sampai lapar mata. Beli oleh-oleh sesuai dengan bujet dan kebutuhan saja. Anda juga harus pastikan bahwa oleh-oleh yang dibeli itu tidak dijual di tempat Anda berasal. Lebih baik gunakan uang dan waktu Anda agar lebih bermanfaat saat berlibur.