Ini Tips Untuk Mempromosikan Event

Wednesday, 07 August 19 Bonita Ningsih
Dalam pameran ini juga diisi berbagai program acara seperti seminar yang diselenggarakan Sabtu-Senin di Ruang Bromo lantai 6 Gedung Pusat Niaga.

Membuat sebuah event memang tidak mudah, perlu banyak persiapan untuk mencapai kesuksesan dalam pelaksanaannya. Tidak hanya dari segi SDM, venue, dan alat-alat pendukung acara, panitia acara juga harus memikirkan promosi apa yang akan dilakukan sebelum event berlangsung.

Menurut artikel yang dilansir billetto.co.uk, setiap event pasti membutuhkan tamu undangan untuk memeriahkan acara. Untuk itu, diperlukan berbagai macam promosi agar dapat mendatangkan banyak tamu pada sebuah event. Berikut ini billetto.co.uk membagikan tips yang dapat dilakukan untuk mempromosikan sebuah acara.

  • Buat Media Sosial

Di zaman serba digital ini, mempromosikan acara melalui media sosial menjadi cara paling ampuh dilakukan. Anda dapat membuat akun khusus acara di berbagai platform sosial media yang tersedia, misalnya saja melalui Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, Linkedln.

Melalui media sosial ini, Anda dapat dengan mudah dan gratis memberikan informasi terkait acara, mulai dari tiket, promosi, dan lainnya.

  • Gunakan Tagar Acara

Cara paling tepat dalam mempromosikan sebuah acara ialah dengan sosial media. Jika Anda membuat akun media sosial khusus acara, pastikan setiap kali mengunggah foto atau video menyertakan tagar atau hashtag acara. Beberapa media sosial yang dapat Anda manfaatkan ialah Facebook, Twitter, Instagram, dan Pinterest.

Selain di sosial media, Anda juga dapat menyertakan tagar acara di setiap kesempatan bertemu dengan orang banyak. Misalnya saja saat menjadi pembicara seminar, di bahan presentasi Anda dapat diselipkan tagar acara di dalamnya. Begitu juga dengan materi cetak lainnya, dapat Anda sematkan tagar acara agar banyak orang yang mengetahuinya.

  • Pergunakan SEO

Ini salah satu cara terbaik untuk mempromosikan event Anda. Gunakan SEO setiap kali Anda menulis sebuah artikel di Google. Ini sangat membantu lantaran banyak orang menggunakan Google untuk menemukan peristiwa spesifik yang terjadi di sekitar. Jika Anda tidak mengerti cara penggunaannya, Anda bisa mempelajarinya secara singkat di internet.

  • Permudah Membeli Tiket

Kebanyakan orang tidak ingin disulitkan dalam hal pembelian tiket. Berikan kemudahan pembelian tiket melalui online agar lebih efektif dan efisien. Jika perlu, Anda menawarkan langsung ke orang sekitar agar mereka tertarik dengan acara yang akan Anda gelar.

  • Siapkan Tiket Khusus

Untuk meningkatkan penjualan tiket, Anda bisa siapkan tiket khusus bagi calon pembeli. Berikan penawaran menarik bagi setiap orang yang ingin membeli tiket acara Anda di waktu-waktu tertentu. Beberapa cara yang dapat dilakukan di antaranya memberikan diskon bagi 50 pembeli tiket pertama hingga memberikan harga khusus untuk pembelian tiket grup.

  • Bertemu dengan Banyak Orang

Anda harus aktif untuk bertemu dengan banyak orang untuk mempromosikan acara Anda. Cari tahu siapa saja orang yang sudah membeli tiket acara Anda. Beri pendekatan kepada mereka agar mau ikut mempromosikan acara tersebut kepada kerabat terdekat. Mungkin beberapa di antaranya enggan untuk membantu, tapi coba Anda tawarkan voucher makanan atau minuman gratis untuk dia agar mau bantu promosi.

  • Aktif Bermain Email

Peran media sosial memang sangat besar, tetapi jangan remehkan kekuatan milis yang hebat. Faktanya, email tetap menjadi saluran digital paling efektif untuk kebanyakan orang.

Bagi Anda yang ingin membuat banyak acara ke depannya, keberadaan email sangat membantu kerja Anda. Pastikan selama acara berlangsung, Anda meminta email dari setiap tamu yang datang. Ini digunakan untuk memberikan informasi terhadap acara-acara yang akan dibuat selanjutnya.

Anda dapat selalu memperbarui setiap informasi yang ada melalui email dan secara cepat akan tersebar luas ke banyak orang. Berikan tawaran menarik juga di setiap milis yang Anda kirim, misalnya saja potongan harga tiket untuk 100 pembeli pertama.

  • Adakan kompetisi berhadiah

Setiap orang pasti menginginkan sesuatu yang gratis, manfaatkan itu semua dalam sistem pemasaran tiket Anda. Ajak mereka untuk berkompetisi, khususnya melalui media sosial yang mereka punya. Anda punya banyak cara untuk membuat kompetisi menarik agar banyak orang yang mengikutinya.

Semakin banyak yang ikut kompetisi tersebut, akan semakin banyak orang yang mengetahui tentang acara tersebut. Lakukan di beberapa media sosial yang berpengaruh sangat besar terhadap khalayak, seperti Instagram, Twitter, serta Facebook.