Lakukan Ini Sebelum Melakukan Perjalanan Grup

Thursday, 14 March 19 Bonita Ningsih

Bepergian dengan banyak orang atau grup bisa jadi sebagai perjalanan terbaik Anda. Namun, tidak dapat dimungkiri akan menjadi perjalanan terburuk bagi Anda. Teman sekelompok Anda nantinya bisa menjadi orang yang paling menakjubkan dalam hidup.

Akan banyak hal yang akan Anda lewati dengan mereka. Canda, tawa, dan kesedihan mungkin akan menjadi pengalaman yang dapat dikenang selama bertahun-tahun. Untuk itu, akan ada banyak perencanaan yang harus Anda buat sebelum memutuskan bepergian dengan kelompok.

Berikut ini tips dari Wetravel tentang bagaimana merencanakan perjalanan kelompok, baik berupa perjalanan liburan sekolah, liburan pesta ulang tahun atau pernikahan, perjalanan mendaki gunung, atau menghadiri festival.

1. Tentukan Pemimpin

Dalam sebuah perjalanan grup, Anda tentu perlu seorang pemimpin untuk menentukan rencana perjalanan terbaik nantinya. Pilih salah satu teman yang memiliki jiwa pemimpin dan dapat dipercaya untuk memimpin sebuah perjalanan grup. Kalau Anda rasa kurang tepat hanya menentukan satu pemimpin, Anda bisa menunjuk beberapa teman lainnya untuk menentukan jadwal perjalanan. Atau mungkin di setiap divisi yang ada, Anda menentukan satu ketua untuk menangani semua kebutuhan yang ada.

Misalnya saja divisi perlengkapan, tunjuk satu orang untuk merencanakan barang bawaan apa yang akan dibawa. Begitu juga dengan divisi lainnya, seperti akomodasi, konsumsi, hingga yang mengatur foto dan video perjalanan. Hal ini tentu sangat membantu perjalanan grup Anda karena semuanya benar-benar terorganisir.

Namun, kamu jangan ragu untuk mengingatkan sang ketua tentang apa saja yang kemungkinan terlewat dari perjalanan kalian. Ini juga akan menjadi sangat efektif dan efisien agar waktu liburan Anda tidak terbuang sia-sia.

2. Buat Anggaran

Ini merupakan poin yang paling sulit dalam merencanakan perjalanan grup. Sering kali, anggaran ini menjadi masalah terbesar karena setiap orang memiliki anggaran yang berbeda-beda saat liburan. Untuk itu, penentuan anggaran sangat diperlukan sebelum melakukan perjalanan grup.

Anda bisa utarakan anggaran maksimum saat akan bepergian. Hal ini untuk menyamakan persepsi anggota kelompok lainnya agar tidak terlalu banyak mengeluarkan anggaran. Selain itu, Anda juga harus memiliki uang bersama sebagai uang kas. Uang tersebut nantinya dapat digunakan untuk membeli makanan dan minuman untuk disantap bersama di penginapan.

3. Pesan Tiket Sedari Awal

Harga tiket transportasi sering kali menjadi mahal saat memesannya secara mendadak. Pastikan Anda memesan tiket perjalanan lebih awal untuk mengantisipasi harga yang meroket. Jika beruntung, Anda akan mendapatkan banyak promo menarik saat memesan tiket jauh sebelum tanggal perjalanan.

Selain itu, Anda juga harus memastikan teman sekelompok ingin pergi menggunakan jalur darat atau udara. Persiapkan sedini mungkin terkait transportasi perjalanan agar memudahkan liburan Anda nantinya.

4. Pilih Akomodasi Terbaik

Memilih tempat tinggal untuk perjalanan grup merupakan keputusan yang penting. Mungkin banyak yang memilih hotel sebagai tempat tinggalnya di sana, namun itu bukan merupakan pilihan terbaik bagi perjalanan grup. Pilihlah apartemen atau rumah berukuran besar yang dapat disewakan. Hal itu memberikan kesempatan kalian untuk lebih akrab satu sama lain karena dapat berkumpul bersama. Anda juga bisa menghemat biaya konsumsi karena di apartemen akan disediakan dapur untuk memasak.

5. Buat Rencana

Buatlah rencana kegiatan saat ingin bepergian. Ini dilakukan agar tempat-tempat yang nantinya akan dikunjungi sudah mendapat persetujuan dari seluruh anggota grup. Jika Anda ingin wisata tur, tentunya akan mendapatkan diskon karena Anda bepergian dengan grup. Pesan wisata tur terlebih dahulu jika tidak ingin terlewatkan hal tersebut. Namun, jangan terlalu ambisius dengan rencana-rencana yang sedang dibuat. Terkadang, ada beberapa hal yang memungkinkan Anda gagal merealisasikan rencana tersebut.

6. Eksplor Diri

Jangan karena bepergian dalam sebuah grup, Anda tidak bisa mengeksplor wisata lainnya seorang diri. Setiap orang pasti memiliki ide perjalanan yang berbeda sehingga perlu waktu sendiri untuk merealisasikan ide tersebut. Anda bisa saja pergi ke pantai atau museum sendirian dan menemukan banyak hal baru di sana. Jangan pernah takut pergi sendirian selama perjalanan grup. Ini liburan Anda, jadi jangan sampai pulang dengan penyesalan. Buat liburan Anda senyaman mungkin dan bawa cerita menarik ke kota Anda berasal.