Membangun Networking Melalui Gathering

Monday, 03 June 19 Venue

Pelemahan ekonomi nasional memaksa sejumlah perusahaan untuk melakukan efisiensi. Meski begitu, membangun jaringan dan menjalin kerja sama dengan mitra dan klien strategis merupakan siasat utama untuk mempertahankan roda korporasi. Corporate dan media gathering biasanya menjadi wadah bagi perusahaan untuk mendekatkan diri dengan media massa atau menjaring klien baru. Agar tujuan gathering tercapai dan tamu yang diundang tertarik datang, berikut sejumlah tips yang patut dicoba.

Rancang Event dengan Matang

Merancang gathering dari jauh hari akan menghasilkan event yang matang dan detail. Ini sekaligus menunjukkan keseriusan Anda sebagai pengundang sehingga tamu dapat menikmati gathering yang telah disiapkan. Persiapkan dengan matang mulai dari pemilihan tempat, waktu, ketersediaan makan dan minuman, serta rundown acara yang menarik.

Undang Tamu Anda Secara Personal

Mengundang melalui surat elektronik (surel) memang cara mudah, cepat, dan murah. Namun, selain mengirimkan surel sebagai undangan resmi, ada baiknya Anda juga menghubungi tamu secara personal. Sambungan telepon atau platform daring untuk berkirim pesan, seperti WhatsApp dan BBM, dapat menjadi wadah untuk mendekatkan tamu dengan pengundang.

Pilih dengan Saksama Tamu Anda

Apabila klien yang ingin diundang jumlahnya cukup banyak, gelar gathering dalam beberapa waktu berbeda. Membatasi jumlah tamu akan membuat pengundang memiliki banyak waktu untuk berinteraksi dan membicarakan berbagai peluang bisnis secara lebih terbuka.

Tetap Jalin Komunikasi Pasca-Gathering

Setelah gathering usai, tetaplah menjaga komunikasi dengan klien yang menghadiri acara Anda. Hal ini untuk menghindari kesan bahwa Anda hanya mencari klien-klien ini hanya saat dibutuhkan. Hubungan baik juga akan membuat klien dan media strategis tidak ragu datang ketika Anda mengundang mereka kembali.