Tips Memenangkan Lelang Cepat

Saturday, 08 June 19 Bonita Ningsih
tips lelang cepat
Foto: Dok. 123RF

Selain mengikuti lelang sederhana atau umum, beberapa perusahaan juga dituntut untuk mengikuti lelang cepat. Mohamad Adya Laksamana Sudradjat, Direktur PT Laksmindo Bahtera, mengatakan, lelang cepat sering kali dilakukan karena kondisi yang mendesak dari panitia penyelenggara.

“Jika panitia lelang merasa waktu yang dilakukan mendesak, maka akan dilakukan lelang cepat untuk mendapatkan pemenang lelangnya,” kata Adya.

Lelang cepat ini biasanya dilakukan melalui sistem LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik), yaitu sistem pengadaan barang atau jasa pemerintah yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan dukungan teknologi informasi.

Proses yang dilakukan dalam lelang cepat juga berbeda dengan lelang sederhana atau umum. Menurut Adya, lelang cepat hanya mempertandingkan harga dan tidak memerlukan dokumen teknis dalam proses pelelangannya.

Untuk memenangkan lelang cepat pun diperlukan banyak tips dan trik. Berikut ini Adya akan membagikan tips bagaimana cara memenangkan lelang cepat untuk kegiatan MICE yang dilakukan lembaga pemerintahan.

1. Langkah pertama yang harus dilakukan ialah meng-upload harga berkali-kali. Lakukan penawaran harga dari yang tertinggi hingga terendah. Pasalnya, jika sudah memasukkan harga, Anda tidak akan bisa lagi meng-upload harga yang lebih tinggi dari penawaran sebelumnya.

“Jadi, sistemnya itu harus lebih rendah dari penawaran sebelumnya yang berhasil ter-upload. Itu yang harus dipahami untuk lelang cepat,” ujar Adya.

2. Setiap peserta lelang harus dengan teliti mencantumkan dan menawarkan harga-harga di proses lelang cepat. Agar tidak kecolongan, setiap peserta lelang harus lebih sering melihat penawaran harga yang masuk di lelang tersebut.

“Kalau kita ingin tahu penawaran harga kita itu sudah yang paling rendah atau belum dibanding lawan, kita bisa cek di keterangan yang muncul di layar. Nanti akan ada tulisan seperti ‘Penawaran Harga Anda Terendah’ atau ‘Harga Anda Tidak Terendah’,” ujar Adya.

3. Selain itu, untuk memenangkan lelang cepat pemerintah, pastikan koneksi internet dalam kondisi cepat. Ini menjadi strategi jitu Adya karena pihaknya sering kali meng-upload harga di menit-menit terakhir, bahkan di detik terakhir lelang ditutup.

“Meng-upload last minute atau second meminimalisir lawan bisa meng-upload harga lebih murah dari yang kita tawarkan karena waktu upload sudah habis,” ujar Adya.

Pemenang lelang cepat akan diumumkan pada tujuh hari ke depan. Jika sudah mendapatkan nama pemenang, peserta lelang lainnya tidak dapat melakukan sanggahan kepada panitia lelang untuk menyatakan keberatannya terhadap penetapan pemenang.