Sandiaga Uno Memberikan Tips untuk Pelaku Bisnis Kuliner

Friday, 15 September 23 Bayu Hari
pembukaan gule diponegoro semarang

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, wisata kuliner menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan ketika mengunjungi destinasi kota-kota besar di Indonesia.

“Wisata kuliner merupakan salah satu daya tarik utama untuk beberapa kota di Indonesia, termasuk Kota Semarang,” kata Menparekraf Sandiaga saat meresmikan Guldip (Gule Diponegoro) Cabang Semarang, Rabu (13/9/2023) malam.

Sandiaga menjelaskan, hampir 48 persen preferensi wisatawan berkunjung ke kota-kota besar di Indonesia sebagai tujuan wisata adalah karena daya tarik wisata kuliner. Oleh karena itu, ia mendorong agar pelaku ekonomi kreatif, khususnya generasi muda, dapat menjadikan kuliner sebagai salah satu sektor unggulan. Melalui inovasi, kolaborasi, dan adaptasi, para pelaku kreatif dapat menghadirkan ragam kuliner yang menarik bagi wisatawan.

BACA JUGA:   Tips Menangani Barang Setelah Berpameran di Luar Negeri

Terdapat data terbaru yang dapat dijadikan sebagai panduan bagi para pelaku usaha ekonomi kreatif, khususnya subsektor kuliner, dalam melakukan usaha. Rata-rata dari transaksi ekonomi kreatif kuliner di kota seperti Semarang adalah Rp50.000 dengan demografi rata-rata usia pengunjung hingga 40 tahun.

“Rata-rata waktu mereka ketika datang sekitar 28 menit. Data-data ini dapat menjadi panduan bagi para pelaku kuliner dalam mengembangkan suatu produk,” kata Sandiaga.

BACA JUGA:   Tips Mengelola Stan Pameran Dagang

“Kalau orang ke Semarang ini selain karena wisata berbasis alam, yang paling disukai adalah wisata kuliner. Ini mudah-mudahan bisa mendorong penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru di (tahun) 2024,” katanya.