Kuliner Sebagai Daya Tarik Desa Wisata

Sunday, 02 May 21 Harry Purnama
kuliner di desa wisata

Penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 baru saja diluncurkan pada 30 April 2021 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Penilaian Anugerah Desa Wisata 2021 didasarkan atas empat pilar pengembangan pariwisata berkelanjutan, yaitu tata kelola, ekonomi lokal, budaya, dan pelestarian lingkungan.

Sementara itu, ada tujuh kategori penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, yaitu CHSE, Desa Digital, Suvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan), Konten Kreatif, Homestay, dan Toilet.

“Kategori penilaian tersebut diharapkan menjadi tolok ukur bagi pengelola desa wisata untuk mengembangkan desa wisata agar lebih berkualitas dan berkelanjutan,” ujar Sandi.

Pada kesempatan yang sama, salah satu dari 15 juri Anugerah Desa Wisata 2021, yaitu Chef Vindex Tengker, menambahkan bahwa salah satu daya tarik desa wisata itu adalah dari sisi kuliner. Hal tersebut akan menjadi daya tarik bagi wisatawan datang ke desa wisata selain keindahan alam dan kebersihannya.

BACA JUGA:   Beragam Kegiatan dan Diskon di Bazar Buku Online BBW

“Kita ingin kurasi betul kuliner menjadi daya tarik untuk kunjungan wisatawan ke desa wisata. Diplomasi kuliner juga menjadi media promosi keluar negeri. Kita harapkan nanti terjadi peningkatan kualitas produk juga dibarengi dengan keberlanjutan supaya mereka bisa terus maju dari desa miskin bisa jadi desa makmur. Masyarakatnya harus diapresiasi karena bisa menjaga desa wisata terbaik dengan memelihara budaya dan kearifan lokal termasuk makanan,” ujar Chef Vindex Tengker.

Chef Vindex menambahkan, untuk desa wisata, kuliner menjadi sangat penting karena makanan menjadi salah satu daya tarik. “Dengan adanya Anugerah Desa Wisata 2021 ini kita harapkan adanya peningkatan kualitas produk, juga dibarengi dengan sustainability supaya mereka bisa terus maju, dari desa miskin menjadi desa maju,” ujar Chef Vindex.

BACA JUGA:   Desa Wisata, Pelengkap Wisata di Candi Borobudur

Sandiaga menambahkan, keberhasilan kuliner sebagai alat diplomasi pariwisata ke seluruh dunia berhasil ditunjukkan oleh Sumatra Barat. Seperti diketahui, rendang yang berasal dari Sumatra Barat telah diakui sebagai salah satu kuliner dunia.

Karenanya, Sandiaga Uno berharap lebih dari 500 desa wisata mau berpartisipasi dalam acara Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Pasalnya, para peserta tidak hanya akan mendapatkan hadiah berupa uang, tapi mereka juga akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan agar desa wisata mereka semakin maju.

BACA JUGA:   Abu Dhabi Air Expo 2016 Semakin Besar

(Baca juga: Cara Mengikuti Penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021)

Untuk mengikuti acara ini, para calon peserta dapat melakukan registrasi terlebih dahulu dari 7 Mei sampai 26 Juni 2021 melalui portal www.jadesta.com, yang nantinya akan dikurasi dan dinilai oleh 15 juri, di antaranya adalah Atta Halilintar dan chef Vindex Tengker. Pemenang Anugerah Desa Wisata ini akan diumumkan pada 7 Desember 2021.