Tips Berlibur Di Masa Kenormalan Baru

Friday, 09 April 21 Bonita Ningsih
pilihan liburan marriott di kota tua jakarta

Masyarakat Indonesia telah menjalani kehidupan di tengah pandemi COVID-19 lebih dari satu tahun lamanya. Dalam kurun waktu tersebut, banyak masyarakat yang sudah mulai bosan berdiam diri di rumah dan memutuskan untuk memulai kegiatan wisata. Kendati demikian, kegiatan wisata dilakukan dengan penuh hati-hati dan selalu mengutamakan protokol kesehatan.

Febby Rastanty, seorang pekerja seni dan juga traveler, berbagi tips mengenai berwisata yang aman dan tetap menjalankan protokol kesehatan.

1. Rencanakan waktu berlibur

Untuk merencanakan waktu berlibur di masa kenormalan baru harus dilakukan sedari awal. Febby menyarankan jangan merencanakan waktu yang mepet saat keberangkatan.

2. Pesan akomodasi terlebih dulu

BACA JUGA:   Tips Memanfaatkan Penurunan Kurs Untuk Menarik Wisman

Memesan akomodasi dari jauh-jauh hari dapat membantu Anda menemukan akomodasi yang sesuai dengan keinginan. Tak hanya dari segi bujet, tetapi juga dari segi fasilitas dan pelayanan menjadi faktor utama dalam memilih sebuah penginapan.

“Akomodasi itu bagian terpenting saat liburan. Ketika kita memilih akomodasi yang tepat, maka akan menaikkan mood seseorang. Begitu pula sebaliknya, kalau tidak nyaman malah bikin mood down,” kata Febby.

3. Pilih akomodasi dengan protokol kesehatan ketat

Berlibur di kondisi saat ini memang terbilang cukup riskan. Tak hanya memikirkan kenyamanan, tetapi juga keamanan saat menginap di sebuah tempat baru. Pelancong disarankan mencari akomodasi yang sudah tersertifikasi dari segi kesehatan dan kebersihannya.

BACA JUGA:   Tips Mengurus Perizinan Kegiatan

“Ini bikin orang yang menginap lebih percaya diri untuk datang ke sana. Jadi, semua rasa khawatir dan pertanyaan terkait kebersihan hotel sudah terjawab dengan adanya sertifikasi tersebut. Sudah dipastikan juga, seluruh staf bertugas menggunakan masker dan alat pelindung diri lainnya dalam melayani tamunya,” jelasnya lagi.

4. Hindari tempat ramai

Saat memutuskan untuk bepergian di hari libur, hindari tempat-tempat yang sekiranya menjadi public holiday. Jika tidak mendapatkan tempat yang sepi, lebih baik memilih untuk tetap tinggal di penginapan.

“Kalau mau hindari pergi saat long weekend agar tidak banyak orang di tempat tersebut. Memilih untuk staycation saja di hotel juga menyenangkan, kok,” dia menambahkan.

BACA JUGA:   Ingin Jadi Travel Blogger? Siapkan Ini di Pameran Dagang

5. Siapkan Alat Pelindung Diri dari COVID-19

Meskipun sudah memilih akomodasi yang menerapkan protokol kesehatan ketat, alangkah baiknya Anda juga menyiapkan APD sendiri. Alat-alat yang perlu dibawa di antaranya hand sanitizer, disinfektan, tisu basah, tisu kering, face shield, tempat minum, hingga peralatan makan sendiri.