Tips Traveling di Kapal Pesiar bagi Pemula

Wednesday, 24 July 19 Bonita Ningsih
river cruise avalon waterways

Berwisata di atas kapal pesiar merupakan impian bagi setiap orang. Namun, tidak hanya mengelilingi laut, wisata kapal pesiar juga dapat dilakukan untuk mengelilingi sungai. Salah satu perusahaan yang menawarkan jasa berkeliling sungai dengan kapal pesiar ialah Avalon Waterways. Selama 15 tahun lamanya, perusahaan river cruise (pelayaran sungai) ini menawarkan penjelajahan sungai-sungai di Eropa, Amerika Selatan, Asia Tenggara, dan Kepulauan Galapagos

Jika diberi kesempatan untuk berkeliling sungai dengan kapal pesiar, Anda harus menyiapkan beberapa keperluan di dalamnya. Melania Sugeng, Operation Manager Avalon Waterways, membagikan beberapa tips sebelum berkeliling sungai dengan kapal pesiar.

1.Cek Keperluan Mendasar

Bagi pengunjung yang berasal dari negara lain, persiapkan keperluan mendasar seperti paspor dan visa. Pastikan keduanya dalam keadaan aktif sehingga Anda dapat berkunjung ke negara yang melakukan river cruise.

“Persiapan awalnya sama seperti ingin traveling biasa saja. Siapkan paspor, visa, dan keperluan dokumen lainnya agar aman saat berada di negara orang,” kata Melania.

2. Tukar Mata Uang

Persiapkan uang yang cukup saat traveling dengan kapal pesiar. Melania menyarankan lebih baik menukarkan mata uang di negara asal untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan.

“Kalau yang kami pakai biasanya euro, jadi penumpang kapal harus menukarkan euro terlebih dahulu biar gampang saat bertransaksi,” ucapnya lagi.

3. Pakaian yang Tepat

Menjelajahi sungai berbeda dengan jelajah di atas laut sehingga perlu diperhatikan pakaian yang akan dibawa. Melania menyarankan agar calon penumpang river cruise memilih pakaian yang kasual, namun tetap sopan. Tidak perlu menggunakan gaun atau jas seperti di ocean cruise (pelayaran laut) karena tidak ada makan malam spesial di dalam kapal pesiar saat perjalanan di atas sungai.

“Di river cruise memang ada makan malam, tapi di luar kapal. Jadi, pakaiannya biasa saja, tapi jangan pakai celana pendek juga. Pilih pakaian santai, tetapi rapi,” ujar Melania.

4. Siapkan internet

Meskipun di dalam kapal pesiar disediakan Wi-Fi, ada baiknya Anda membawa modem yang dapat dikoneksikan di negara lain. Menurut Melania, jenis modem seperti ini sudah banyak dijual di Indonesia sehingga memudahkan calon penumpang untuk membelinya.

“Kalau tidak sempat beli modem, bisa membeli sim card khusus di negara tujuan. Ini tujuannya untuk menghindari roaming antar-negara karena kalau sudah roaming pasti akan terkena biaya yang lebih mahal,” imbuhnya.

5. Bawa Barang Secukupnya

Jangan membawa barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Pastikan barang yang Anda bawa cukup untuk melakukan perjalanan tersebut. Besar bagasi yang ada di kapal pesiar kurang lebih 25 kg sehingga pastikan barang bawaan Anda tidak melebihi ukuran bagasi.