Bank Indonesia Ubah Pulau Tidung jadi Pulau Digital

Thursday, 31 October 19 Venue

Kepulauan Seribu merupakan satu dari 10 Destinasi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) atau 10 Bali Baru yang dikembangkan oleh pemerintah. Untuk mendukung terwujudnya Kepulauan Seribu sebagai KSPN yang memiliki kemudahan transaksi bagi wisatawan dan menjamin kelancaran sistem pembayaran yang aman dan inklusif, Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta meluncurkan program “Digital Island” pada 30 Oktober 2019 di Pulau Tidung. Bank Indonesia mengharapkan elektronifikasi sistem pembayaran di wilayah ini dapat meningkatkan perekonomian dan kontribusi serta penerimaan devisa dari sektor pariwisata.

“Akan ada banyak kemudahan transaksi di Kepulauan Seribu. Ada enam pulau yang telah menggunakan transaksi non-tunai, tapi baru sebatas ATM, QR Code, dan kartu debit. Kami ingin melengkapinya dengan QRIS (Quick Response Indonesia Standard) sehingga di Kepulauan Seribu ini transaksinya aman, mudah, dan cepat,” ujar Hamid Ponco Wibowo, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta.

Penerapan QRIS untuk memberikan kemudahan kepariwisataan secara UNGGUL (Untung, Gampang, Universal, dan Langsung) melalui uang elektronik berbasis digital. Peluncuran di Pulang Tidung ini merupakan tahap pertama dan akan diikuti oleh kepulauan lainnya. Peluncuran ini juga didukung oleh bank-bank nasional lainnya, yaitu Bank BRI, Bank BNI, dan Bank DKI.

Yessi Kurnia, Pemimpin Wilayah Bank BNI Kantor Wilayah Jakarta Kota, mengatakan, “Sesuai dengan tagline BNI, yaitu ‘BNI itu Digital’, maka BNI akan terus mendukung literasi dan inklusif keuangan yang berbasis digital.”

Menurut Hamid Ponco Wibowo, Kabupaten Kepulauan Seribu telah memenuhi unsur 3A (Aksesibilitas, Atraksi, Amenitas ). Karena itu, Bank Indonesia ingin membantu dalam hal aksesibilitas terkait transaksi perbankan sehingga akan mendorong kemajuan digitalisasi di Kepulauan Seribu yang manfaatnya dapat dirasakan baik oleh warga maupun wisatawan yang datang.

“Bank Indonesia sudah mendukung luar biasa dan membuat Kepulauan Seribu menjadi selangkah lebih maju lagi karena menyiapkan dari QR menjadi QRIS. Sebagai salah satu destinasi unggulan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, kami juga sudah banyak berbenah diri, seperti peningkatan akses antar-pulau, gerakan bersih-bersih, gerakan pelestarian lingkungan, dan gerakan percantikan yang semuanya dilakukan oleh masyarakat. Selain itu, spot-spot swafoto pun kami perbanyak, dan yang tidak kalah pentingnya adalah peningkatan kualitas SDM,” kata Husen Murad, Bupati Kepulauan Seribu.

Acara Digital Island diselenggarakan sebagai rangkaian kegiatan ulang tahun Kabupaten Kepulauan Seribu. Selain itu, pada acara kali juga diselenggarakan penyaluran kartu bantuan sosial dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah, seperti Kartu Jakarta Pintar dan Kartu Mahasiswa Jakarta Unggul. Juga, ada pemberian door prize berupa motor listrik untuk tetap memelihara kebersihan udara di Kepulauan Seribu, serta penyerahan dan penanaman bibit mangrove.

Penulis: Nurhayati