Lima Tren Liburan Pasca Vaksinasi Covid-19

Friday, 05 November 21 Bonita Ningsih

Pemerintah terus menggenjot pemberian vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat di Indonesia. Selain untuk membentuk kekebalan kelompok, pemberian vaksinasi yang merata dinilai dapat mempercepat pemulihan pariwisata Indonesia.

Seiring meningkatnya jumlah penerima vaksinasi setiap harinya, pemerintah mulai melonggarkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di beberapa daerah. Masyarakat yang sudah divaksinasi pun dapat melakukan aktivitas di luar rumah dengan tetap menaati protokol kesehatan dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai bentuk tracing.

Meski telah mendapatkan kelonggaran, masyarakat sudah memiliki kebiasaan baru dalam melakukan perjalanan wisata. Terdapat lima tren perjalanan baru yang sering dilakukan masyarakat pasca vaksinasi Covid-19. Berikut ini lima tren liburan terbaru versi Bobobox, sebuah perusahaan startup yang menyediakan kebutuhan gaya hidup.

  1. Perjalanan dengan Mobil
BACA JUGA:   Tertawan Sisi Lain dubai

Meskipun telah mendapatkan vaksinasi, banyak traveler yang lebih memilih melakukan perjalanan menggunakan mobil pribadi atau sering disebut road trip. Cara ini dianggap paling aman untuk menghindari pertemuan dengan orang yang tidak dikenal. Pasalnya, road trip hanya melibatkan orang-orang terdekat seperti keluarga, teman, atau orang terkasih. 

  1. Wisata Domestik

Pembatasan aktivitas dan perjalanan luar negeri akibat pandemi membuat wisata domestik menjadi pilihan berlibur yang paling diminati saat ini. Para traveler mulai mengeksplorasi berbagai sudut destinasi wisata yang ada di Indonesia. Wisata domestik juga dinilai dapat membantu memulihkan pariwisata Indonesia pasca pandemi.

  1. Wisata Alam
BACA JUGA:   Mengenal Lebih Dekat Desa Wisata Indonesia di Ajang UNWTO Best Tourism Villages 2021

Wisata alam menjadi primadona selama pandemi karena berada di ruangan terbuka. Para ahli banyak menilai bahwa ruangan terbuka dapat meminimalisir penyebaran Covid-19 sehingga aman untuk dikunjungi saat pandemi. Apalagi, saat ini banyak masyarakat yang memperhatikan kebugaran tubuhnya untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi. Tak heran, jika kegiatan adventure dan wellness tourism menjadi idola beberapa waktu belakangan ini.

  1. Eksplorasi Wisata Kuliner Lewat Online

Wisata kuliner masih digemari masyarakat karena Indonesia memiliki segudang makanan khas dari masing-masing daerah. Bedanya, para traveler melakukan wisata kuliner dengan memanfaatkan platform belanja online di tempat ia berlibur. Selain menghindari kerumunan, memesan makanan lewat online juga memudahkan traveler karena dapat dikirim langsung ke tempat ia menginap.

  1. Staycation

Sejak pandemi melanda Indonesia, staycation telah menjadi tren baru dan populer di kalangan masyarakat. Staycation dinilai dapat melepas penat di tengah pandemi dan minim resiko penyebaran Covid-19. Apalagi, saat ini sudah banyak penginapan yang memberikan fasilitas menarik dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Hal tersebut menjadi faktor utama meningkatnya kegiatan staycation di masyarakat Indonesia.