10 Startup Indonesia Siap Meramaikan South by Southwest 2024

Tuesday, 05 March 24 Khanisa Azahra

Sebanyak 10 startup unggulan Indonesia terpilih untuk berpartisipasi dalam ajang tahunan South by Southwest (SXSW) 2024 yang akan berlangsung di Austin, Texas, Amerika Serikat, pada 9-16 Maret 2024. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta memfasilitasi keikutsertaan 10 start up tersebut melalui proses kurasi ketat.

SXSW telah menjadi barometer perkembangan industri kreatif global yang mengusung perpaduan seni dan teknologi. Sejak tahun 2017, Indonesia aktif berpartisipasi dalam ajang ini guna memperkenalkan potensi dan inovasi para pelaku ekonomi kreatif Indonesia. Pada 2024, delegasi Indonesia mengusung tema “Creation Ignite Action” yang sejalan dengan visi Kemenparekraf untuk mengembangkan nilai transaksi ekonomi kreatif.

BACA JUGA:   Traveloka EPIC Sale 2021 Bangkitkan Sektor Pariwisata Domestik

Firstman Marpaung, Kurator SXSW 2024, mengatakan bahwa lebih dari 40 startup mendaftar dalam proses kurasi tahun ini. “Kami menyeleksi 10 terbaik dan 5 cadangan. Kami berharap ke-10 startup yang terpilih dapat memanfaatkan momentum ini untuk mencari peluang kerja sama. Dan yang tak kalah penting, mereka juga bisa menyebarkan informasi ini ke ekosistem startup Indonesia lainnya,” ujar Firstman.

Dua grup band Indonesia, yaitu Reality Club dan Liar Band, turut meramaikan panggung musik SXSW 2024. Mereka tampil pada 13-15 Maret di beberapa venue di Austin. Reality Club bahkan akan melanjutkan tur ke-9 kota lainnya di Amerika setelah SXSW, dengan New York sebagai pemberhentian terakhir.

BACA JUGA:   Big Bad Wolf 2017 Hadir 280 Jam Non Stop

Puji Hastuti, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, mengapresiasi upaya sinergi yang dilakukan Kemenparekraf. Menurutnya, sektor ekonomi kreatif menjadi pilar utama pembangunan Ibu Kota menuju kota global. Capaian Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jakarta dari sektor ini mencapai 10,38% pada 2022.

“Kami sudah menyusun grand design ekonomi kreatif 2023-2030 beserta strategi percepatan perkembangannya. Salah satu strategi kunci adalah mengikuti ajang internasional seperti SXSW guna memperluas akses pasar pelaku ekonomi kreatif DKI Jakarta,” imbuh Puji.

BACA JUGA:   Sandiaga Uno Pastikan Ketersediaan Akomodasi Selama KTT ASEAN 2023 

Ke-10 startup yang terpilih mengikuti SXSW 2024 adalah BubbMe.AI, Tina, Risaikel, Magalarva, PetsKita, KitaCare, Orderfaz, Carte, Wifkain, dan Run System. Mereka berasal dari beragam bidang, mulai dari makanan, kesehatan hewan, hingga manajemen limbah. Dengan beragam inovasi dan potensi yang dibawa, mereka diharapkan mampu menjadi tonggak awal bagi lebih banyak lagi pelaku ekonomi kreatif Indonesia untuk membuka akses ke kancah global.