Delapan Jenama Indonesia Tampil di L’adresse Trade Showroom pada Paris Fashion Week 2024

Monday, 04 March 24 Bonita Ningsih

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Paris menghadirkan delapan jenama lokal Indonesia dalam L’adresse Trade Showroom. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara dari Paris Fashion Week (PFW) yang digelar pada 1—4 Maret 2024 di Premierre Classe, Jardin des Tuilleries, Paris, Prancis. 

“Kali ini menjadi tahun ketiga Indonesia berpartisipasi di L’adresse Trade Showroom pada PFW. Kami sangat menghargai kolaborasi Kemendag, KBRI Paris, dan pelaku usaha yang sangat baik untuk mewujudkan cita-cita jenama Indonesia yang dikenal di kancah fesyen internasional,” kata Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag, Didi Sumedi secara terpisah.

BACA JUGA:   Pameran Utilities Terbesar dan Terlengkap di Indonesia

Kehadiran delapan jenama tersebut merupakan sebuah bukti dukungan pemerintah dalam memajukan jenama Indonesia di kancah fesyen global. Delapan jenama lokal yang berpartisipasi dalam acara ini adalah Artkea, Shiroshima Indonesia, Jenna & Kaia, 3mongkis, Khasoe, Jewel Rocks, Aidan & Ice, dan Long Story Short. 

Kali ini, delapan jenama asal Indonesia tampil dalam agenda resmi Koleksi Musim Gugur/Dingin 2024 (Autumn/Winter 2024) dengan tajuk “TALENT INDONESIA”. Penampilan mereka akan menjadi etalase perdagangan (trade showroom) bersifat business-to-business yang mewakili Indonesia.

BACA JUGA:   IT&CMA dan CTW Asia-Pasifik Tawarkan Peluang Perjanjian dan Kolaborasi 

Hal tersebut dilakukan mengingat L’adresse Trade Showroom telah menjadi wadah untuk mempertemukan pelaku usaha dengan pembeli di sektor modest fashion dan produk turunannya. Tak hanya busana, tetapi, juga aksesori dan kosmetik dari seluruh dunia.

Dalam melaksanakan kegiatan pameran dagang ini, Kemendag dan KBRI Paris berkolaborasi dengan L’adresse Paris Agency sebagai agensi fesyen yang memberi konsultasi kepada jenama Indonesia. Mereka bertugas untuk mempersiapkan koleksi para jenama serta memfasilitasi penjajakan kesepakatan bisnis (business matching) dengan pembeli internasional.

BACA JUGA:   Perempuan Pelaku Parekraf di Jateng Dapatkan Pelatihan Digital

“Keikutsertaan tahun ketiga ini merupakan capaian tersendiri karena produk lokal Indonesia membuktikan keuletan, konsistensi dalam berkreasi, dan kemampuan kolaborasi. Usaha mereka ternyata membuahkan hasil karena telah terpilih tampil pada L’adresse Trade Showroom pada PFW,” jelas Duta Besar Indonesia untuk Prancis, Mohamad Oemar.