Asosiasi Bartender Indonesia Gelar Kompetisi Mixochef Mixoligist Captain

Thursday, 29 November 18 Nila Sofianty
Mixochef Mixologist Captain

Profesi bartender menjadi salah satu bagian penting dalam industri pariwisata, sebab bartender tak hanya dituntut memberikan keramahtamahan dan hiburan atraksi kelihaian tangan mereka, tapi juga harus berinovasi dan berkreasi meracik minuman yang bisa memuaskan para tamu.

Untuk itulah sejumlah kompetisi bartender dunia sering diadakan sebagai bentuk kompetisi sehat eksistensi dan kreativitas mereka. Salah satunya adalah yang diadakan oleh Asosiasi Bartender Indonesia (ABI) yang menggelar kompetisi unik yang menggabungkan teknik membuat koktail dan penyajiannya bersama makanan.

Tahun ini, Asosiasi Bartender Indonesia menggabungkan dua profesi berbeda, yakni bartender dan chef, dengan tajuk Mixochef Mixologist Captain Competition 2018-2019.

Robert Rebecca, Ketua Harian Asosiasi Bartender Indonesia, mengatakan, kompetisi dilakukan sebagai upaya menyandingkan makanan dan minuman, serta dengan adanya kompetisi ini diharapkan menu yang tersaji tidak lagi monoton dan mampu melahirkan kreasi baru.

Di penyelenggaraan tahun kedua ini, Mixochef Mixologist Captain Competition diikuti para bartender dari berbagai restoran dan bar di seluruh Indonesia. Dari ratusan bartender yang mendaftar, akhirnya pada 25 November 2018 lalu 22 peserta terpilih unjuk kebolehan mereka di depan para juri. Sebagian besar bartender berasal dari Bali, Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

Dalam kompetisi tersebut, ABI menggandeng merek rum Captain Morgan. Sepanjang enam bulan ke depan, para bartender tersebut dapat menjelajah dunia Captain Morgan Spiced Gold dalam tiga tantangan berbeda. Tahun ini tantangannya lebih seru dengan memasukkan food pairing ke dalam tiga tantangan dan satu put arab final. Selain mencampur minuman cokelat, para peserta diminta menyajikannya bersama makanan, baik hidangan panas maupun dingin. Tantangan pertama telah berlangsung di Maya Resort Sanur Bali pada 26 November 2018 dengan menampilkan Cold Food Mixochef Mixologist Captain Competition.

Melalui ajang ini, para bartender bisa mengeksplorasi keahlian masing-masing sehingga setelah mengikuti ajang ini hasilnya bisa meningkatkan profesionalitas dan kreativitas mereka.