ASTINDO Travel Fair 2022 Kembali Digelar di PIK Avenue Jakarta Utara

Wednesday, 24 August 22 Bonita Ningsih

Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) kembali menggelar ASTINDO Travel Fair pada 1 hingga 4 September 2022 di Atrium Utama Pusat Perbelanjaan PIK Avenue Jakarta Utara. Penyelenggaraan acara ini sejalan dengan misi pemerintah untuk me-reaktivasi industri pariwisata dan mendukung pemulihan ekonomi nasional.

ASTINDO Travel Fair merupakan acara rutin yang diselenggarakan asosiasi ini sejak tahun 2011 hingga 2020 dan pada tahun 2021 digelar secara virtual akibat pandemi COVID-19. Awalnya, acara ini bertujuan untuk membantu anggota ASTINDO yang berasal dari travel agent seluruh Indonesia agar dapat melakukan promosi kepada masyarakat dengan harga terjangkau. 

“Travel agent sedang semangat berjualan setelah dua tahun menderita, dengan melihat kondisi di luar negeri yang sudah mulai mempermudah perjalanan wisata baik domestik maupun internasional, kami berpendapat saat ini adalah momentum yang tepat untuk membantu masyarakat untuk bisa berjalan-jalan dengan harga terjangkau,” ujar Ketua Umum ASTINDO, Pauline Suharno.

BACA JUGA:   TTC BeerFest Tak Sekadar Bir

Pada penyelenggaraan kali ini diharapkan dapat mengulang kesuksesan ASTINDO Travel Fair yang telah diselenggarakan di semester 1 tahun 2022. Oleh sebabnya, ASTINDO akan menyediakan lahan bebas biaya khusus anggota ASTINDO dari berbagai daerah yang ikut serta dalam kegiatan kali ini.

“Kita ingin travel agent dapat menaikkan sales lagi di sini, apalagi melihat kondisi semester 1 ini telah terjadi peningkatan transaksi penjualan secara konsisten mulai dari bulan Januari 2022 hingga Juli 2022,” ungkap Pauline yang juga menjabat sebagai President Federation of ASEAN Travel Association (FATA).

Pemilihan lokasi acara di Mall PIK Avenue, dilakukan ASTINDO dengan berbagai pertimbangan salah satunya adalah letaknya yang strategis. Pusat perbelanjaan ini dianggap mudah dijangkau oleh banyak masyarakat mengingat Pantai Indah Kapuk tengah menjadi destinasi wisata populer di Jakarta. 

BACA JUGA:   Kedutaan Irlandia untuk Indonesia Gelar Pameran Seni Kolaboratif

“Jika mengacu pada instruksi Pemerintah masyarakat tetap diminta untuk patuh pada protokol kesehatan selama acara berlangsung,” dia menambahkan.

Ketua Panitia Pelaksana ASTINDO Travel Fair, Anton Sumarli, menambahkan bahwa acara ini akan diselenggarakan secara hybrid (offline dan online). Masyarakat yang ingin menyaksikan secara online dapat mengakses website www.astindovirtualtravelfair.com dan berinteraksi langsung dengan travel assistant dari travel agent peserta Travel Fair. 

Peserta ASTINDO Travel Fair berasal dari 25 Travel Agent hingga 15 maskapai penerbangan domestik dan internasional. Beberapa di antaranya adalah All Nippon Airways, Cathay Pacific, China Airlines, Emirates, Etihad Airways, EVA Air, Garuda Indonesia, Japan Airlines, Malaysia Airlines, Pelita Air, Philippine Airlines, Qatar Airways, Qantas Airways, Singapore Airlines, Sriwijaya Air, dan NAM Air. 

BACA JUGA:   Indonesia Wellness and Health Tourism Expo 2022 Dijadikan Ajang Branding dan Promosi Bagi Ekosistem Wisata kesehatan

Selain itu, akan hadir badan promosi pariwisata luar negeri seperti Philippine Department of Tourism, Korea Tourism Organization, Tourism Authority of Thailand, Taiwan Tourism, dan Japan National Tourism Organization. 

Penyelenggaraan ASTINDO Travel Fair didukung oleh Kementerian Perhubungan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, dan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. Sementara itu, BCA hadir sebagai bank partner yang akan menyediakan kemudahan transaksi pembayaran melalui payment link dan potongan harga khusus bagi pemegang kartu kredit BCA.