Band Jazz Asal Belanda Hadir di Road to The Papandayan Jazz Fest 2022

Wednesday, 12 October 22 Bonita Ningsih

The Papandayan Jazz Fest (TPJF) kembali diselenggarakan secara offline atau live pada tanggal 28-29 Oktober 2022. Ini menjadi tahun kembalinya TPJF secara offline karena pada tahun lalu acara musik ini digelar online mengikuti peraturan pemerintah setempat dalam pelaksanaan event di masa pandemi COVID-19.

Seperti biasanya, sebelum memasuki festival, TPJF selalu membukanya dengan serangkaian kegiatan seperti Road to TPJF. Kegiatan ini menjadi acara pembuka festival musik jazz tahunan yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2015 di Hotel The Papandayan Bandung.

Pihak penyelenggara telah menggelar Road to TPJF pada 8 Oktober 2022 di Mirten Lounge – The Papandayan. Panggung Road to dibuka oleh penampilan band asal Lampung, Kelapa Muda, pemenang dari The Papandayan Jazz Competition 2021. 

BACA JUGA:   Pegelaran Fesyen Muslim MUFFEST+ Segera Melebur dengan IN2MOTIONFEST di Tahun 2024

Kelapa Muda yang terdiri dari Samuel Song, Abraham Song, dan Josafat Song tampil memukau dengan komposisi, improvisasi, serta gaya unik bermusik. Perpaduan unsur-unsur jazz kontemporer dan populer sukses dibawakan secara elegan di panggung tersebut.

Setelahnya, acara Road to diisi oleh band jazz asal Belanda yaitu Jasper Blom Quartet yang juga berkolaborasi dengan Kelapa Muda. Jasper Blom Quartet menampilkan empat musisi jazz Belanda yang diakui secara internasional yaitu Jasper Blom pada saksofon, Reinier Baas pada Gitar, Glenn Gaddum Jr pada Bass, dan Jamie Peet pada Drummer.

BACA JUGA:   The Papandayan Jazz Fest Tawarkan Tiga Kategori Tiket

Penampilan Jasper Blom Quartet merupakan kerja sama persembahan dari Pusat Kebudayaan Kerajaan Belanda – Erasmus Huis yang telah mendukung TPJF sejak tahun 2018. Dukungan Erasmus Huis dilakukan untuk memberikan ruang bagi seni, seniman, dan komunitas musik jazz di Indonesia agar dapat menjalin relasi dengan musisi asal Belanda.

Sebelum tampil pada acara tersebut, Jasper Blom Quartet, telah menggelar music clinic yang dihadiri oleh musisi dan murid sekolah musik di Bandung. Pada sesi tersebut, Jasper Blom Quartet membahas mengenai cara berbeda dalam mengaransemen dan mengarang lagu untuk kuartet jazz. Mereka juga mengajarkan cara menciptakan keragaman dalam repertoar. 

BACA JUGA:   Hotelex Indonesia 2018 Hadirkan Kompetisi Indonesia Coffee Event

Masyarakat yang ingin menonton acara ini dapat melakukan pembelian tiket melalui website www.tpjazzfest.com atau hubungi 022 7310799. Lokasi The Papandayan Hotel berada di Jalan Gatot Subroto no. 83, Bandung, Jawa Barat. Informasi lebih lanjut terkait hotel dan pemesanan tiket dapat menghubungi sosial media Instagram @tpjazzfest.