FLAVS Festival 2022 Umumkan Line Up Musisi Fase Pertama

Thursday, 09 June 22 Bonita Ningsih

Tiga bulan menjelang pelaksanaan FLAVS Festival 2022, Visicita Network, mengumumkan nama-nama musisi untuk fase pertama. Sejumlah musisi ternama tanah air akan tampil secara hybrid (offline dan online) pada 10-11 September 2022 di Istora Senayan, Jakarta.

Nama-nama musisi yang telah diumumkan pada fase pertama adalah Afgan, Basboi, Blakumuh, Insthinc, Iwa K, Joe Million, Juicy Lucy, Raisa. Ada juga Ramengvrl, Rizky Febian, Saykoji, T-Five, Teza Sumendra, The Couch Club, Tiara Andini, Tuan Tigabelas & REP, dan juga Yura Yunita.

M. Riza, Festival Director FLAVS Festival, mengatakan bahwa masing-masing musisi akan memberikan banyak kejutan kepada para penontonnya. FLAVS Festival yang menjadi lebarannya anak hip hop, soul, dan R&B, akan memberikan sentuhan musik tradisional Indonesia di beberapa pilihan lagu para musisi.

Yacko, Program Director FLAVS Festival mengatakan bahwa perpaduan musik tersebut dilakukan sejalan dengan tema yang diangkat yaitu “Bhinneka Tunggal Hip Hop”. Menurutnya tema tersebut dapat menggarisbawahi bahwa kancah hip hop di Indonesia adalah wadah yang cair. Genre musik tersebut dianggap telah berbaur dan berakulturasi dengan berbagai warna musik tradisional di Indonesia. Perkawinan antara akar musik hip hop dan musik asli Indonesia telah menghasilkan keunikan tersendiri pada karya yang lahir dalam kancah musik hip hop di Indonesia.

BACA JUGA:   Festival Big Bang Jakarta Resmi Dibuka Selama 17 Hari Mendatang

“Jadi, di saat nanti kita datang kembali secara offline, kita ingin menyajikan banyak budaya di dalamnya,” ungkap Yacko.

Tak hanya itu, pendekatan musik hip hop dengan budaya tradisional juga direpresentasikan melalui pertunjukan para musisi yang tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa musisi yang terlibat adalah OrangHutan Squad (Aceh), Wasaka (Kalimantan Selatan), NDXAKA (Jogjakarta), Negatif Satu (Manado), Ghetto Side (Alifuru Hip Hop, Sangsaka, Tickang Palungku) (Ambon), MukaRakat (Melanesia), Januarta The Goat (Kupang), serta Block8 (Sorong). Nama-nama musisi lainnya juga akan menyusul pada fase selanjutnya.

BACA JUGA:   Kolaborasi Musisi Internasional dan Lokal Meriahkan Konser David Foster di Indonesia

“Mereka ini mewakili semua daerah di Indonesia, artinya kita mencoba untuk menghadirkan mereka di festival musik ini. Kita lakukan ini karena melihat banyak sekali talenta-talenta hip hop dari seluruh Indonesia yang muncul dengan kearifan lokalnya. Menggunakan elemen tradisional seperti alat musik yang dipadukan dengan musik elektronik,” jelasnya lagi.

Untuk menjaring lebih banyak lagi talenta-talenta lokal di Indonesia, pihak penyelenggara juga telah mengadakan virtual competition melalui media sosialnya. Ajang pencarian bakat ini dinamakan FLAVS NU ICON yang telah berlangsung sejak 24 Mei 2022. Selain itu, ada juga DJ Battle, Beatbox Battle, Freestyle Battle, Bboy/Bgirl & Openstyle Battle, Graffiti Battle yang akan diselenggarakan pada Juni hingga Agustus 2022.

Nantinya, seluruh pemenang dari pencarian bakat tersebut akan tampil pada saat FLAVS Festival berlangsung. Masyarakat juga dapat menyaksikan festival musik hip hop ini secara langsung dengan membeli tiketnya melalui www.flavs.id.

BACA JUGA:   Adiwastra Nusantara 2018 Angkat Fashion Kekinian

Harga yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari Rp325.000 untuk daily pass dan juga Rp500.000 berlaku dua hari. Sementara untuk tiket virtual dapat dibeli dengan harga Rp75.000 untuk dua hari dan Rp50.000 daily pass.

“Kami juga akan memberikan tawaran tiket early bird dengan harga Rp250.000 khusus untuk dua hari dengan jumlah sangat terbatas. Sedangkan, di akhir Juni nanti kita akan jual presale dengan harga Rp250.000 untuk satu hari dan Rp400.000 untuk dua hari,” ucap Riza.